Sukses

8 Spot Tempat Wisata Air Terjun Murah Meriah di Malang, Enggak Bikin Kantong Bolong

Malang kota yang selalu diburu oleh para traveller.

Liputan6.com, Jakarta Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur dengan udara sejuk. Hal itu tak lain karena letak geografis Malang yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan, seperti pegunungan Bromo-Tengger, Gunung Semeru, Gunung Arjuna, dan Gunung Kawi. Berkat adanya gunung-gunung tersebut, Malang dianugerahi banyak sekali air terjun (coban) yang cantik.

Tak heran, Malang kota yang selalu diburu oleh para traveller karena wisata alamnya yang begitu indah. Salah satunya adalah wisata air terjun. Yup, selain dikenal memiliki pantai yang eksotis, dihimpun liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (17/10/2018), Kota Apel juga memiliki tempat wisata berupa air terjun cantik yang wajib dikunjungi.

Nah, bagi yang ingin liburan di Malang tapi memiliki budget terbatas, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata air terjun di Malang yang ramah di kantong berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Coban Talun dan Coban Pelangi

1. Coban Talun

Coban Talun ini berkawasan di tempat wisata bumi perkemahan yang ada di lereng gunung Arjuna bagian barat, lebih kurang sekitar 15 km dari Malang. Tepatnya di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Biaya masuk tempat ini masih terbilang murah karena wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp 5.000.

Coban Talun adalah air terjun dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. Pengunjung bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan treking dan melewati Hutan Pinus di Malang yang sangat rindang. Saat sampai di air terjun, pengunjung bisa memilih menikmati air terjun dari atas bebatuan atau dari bawah sungai. Air terjun setinggi 30 meter ini menarik untuk dikunjungi di semua musim.

2. Coban Pelangi

Nama Air Terjun Coban Pelangi sangat populer di kalangan pendaki Gunung Semeru, karena letaknya yang memang berada di jalur pendakian menuju gunung tertinggi di Pulau Jawa itu. Harga tiket masuknya pun murah, yakni Rp 6.000. Air terjun cantik ini ada di ketinggian 1400 meter dari permukaan air laut. Total tinggi air terjun Coban Pelangi sekitar 110 meter dan ketika pagi hari suhu di sini mencapai 13- 19 derajat Celsius.

Air terjun Coban Pelangi memiliki pemandangan alam yang serbahijau khas hutan hujan tropis. Air terjun coba pelangi sangat terkenal dengan pelangi yang muncul di dasar air terjun ini. Pelangi di air terjun Coban Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini. Biasanya terjadi sekitar antara pukul 10 pagi sampai 2 siang.

3 dari 5 halaman

Coban Jahe dan Coban Kethak

3. Coban Jahe 

Air terjun yang ada di Malang ini juga dikenal dengan nama lain Air Terjun Begawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Harga tiket masuknya pun masih murah, hanya Rp 5.000 saja. Lokasi Air Terjun Coban Jahe berada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terletak di area perhutani unit II Jawa Timur KPH Malang.

Tempat wisata satu ini terlihat makin menantang dengan keberadaan batu-batu cadas berukuran raksasa di tebing juga kolam kecil di bawahnya. Pohon dan semak yang tumbuh rimbun di sekitar air terjun membuat suasana terasa rindang dengan hawa yang segar. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun satu ini, pengunjung berjalan kaki lebih kurang sekitar 1 kilometer.

4. Coban Kethak

Air Terjun Kethak berada di area Perhutani perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri. Dinamakan air terjun Kethak karena dulunya wilayah ini penuh dengan kera. Sekarang ini pun pengunjung bisa melihat kera yang bergelantungan di atas pohon, meskipun jumlahnya tak terlalu banyak.

Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri. Coban Kethak sudah dibuka sebagai destinasi wisata unggulan di Malang sejak 2014. Untuk masuk ke area air terjun ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000. 

Tempat wisata ini dikenal juga dengan nama Grojogan Singo. Lokasinya berada di Des Pait, utara Gunung Kelud. Tinggi coban ini lebih kurang 15 meter serta menyuguhkan sebuah panorama alam yang sangat menawan. Keunikan lain dari tempat wisata ini terletak pada bebatuan di disiraman air terjun layaknya kepala seekor singa.

4 dari 5 halaman

Coban Sumber 7 Pujon dan Coban Rondo

5. Coban Sumber 7 Pujon

Jika biasanya satu lokasi tempat wisata hanya ada satu air terjun, tidak demikian dengan Coban Sumber 7. Coban Sumber Pitu dalam bahasa Indonesia berarti air terjun yang memiliki tujuh sumber. Disebut seperti itu karena air terjun ini memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar lebih kurang 50 meter.

Harga tiket masuk area ini Rp 10.000 saja. Wisata air terjun yang terletak di kawasan Pujon Selatan Kabupaten Malang ini mulai populer sekitar tahun 2014. Pemandangan alam dari air terjun yang berpadu dengan hijaunya tanaman yang tumbuh di sekelilingnya mampu menyegarkan mata ketika melihatnya.

6. Coban Rondo

Coban Rondo Malang merupakan sebuah air terjun yang sangat popular di kalangan wisatawan. Dengan ketinggian tidak kurang dari 84 meter wisata alam ini menjadi salah satu destinasi favorit saat liburan tiba. Air terjun di Malang Raya ini bersumber dari mata air Cemoro Budo. Jalan Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Batu, Malang.

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 15.000 sementara wisatawan mancanegara Rp 25.000. Wisata Coban Rondo ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat kegiatan alam. Selain ada area perkemahan, di sini juga ada beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan arena labirin.

5 dari 5 halaman

Coban Ciblungan dan Coban Tundo

7. Coban Ciblungan

Meski aliran airnya tak setinggi air terjun yang lainnya, Coban Ciblungan merupakan salah satu primadona untuk berwisata. Terlebih untuk masuk ke air terjun yang terletak di Desa Purwoharjo, Ampelgading, Malang, ini hanya sekitar Rp 5000 saja. Air yang mengalir dari Air Terjun Coban Ciblungan ini jatuh ke sungai-sungai yang dangkal di bawahnya, sehingga bisa untuk berendam atau sekadar bermain air.

8. Coban Tundo

Coban Tundo yang berada di kawasan Malang Selatan ini memiliki tiga tingkatan dalam satu kawasan sekaligus. Yakni Coban Tundo 1, 2 dan 3. Namun yang menjadi tempat wisata terfavorit adalah Coban Tundo 3 karena di area ini kamu bisa melompat dari tebing.

Tempat wisata ini terletak di Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang. Kamu bisa menikmati keindahan wisata ini dengan membayar Rp 5.000 saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.