Sukses

7 Wisata Lombok Timur Ini Cocok Buat Honeymoon Bareng Pasangan

Pulau Lombok memang memiliki berbagai macam destinasi wisata dengan pemandangan yang memukau.

Liputan6.com, Jakarta Selain populer dengan sebutan Pulau Seribu Masjid, Lombok juga layak disebut sebagai Pulau Seribu Satu wisata. Pulau Lombok memang memiliki berbagai macam destinasi wisata dengan pemandangan yang memukau. Mulai dari pantai, gunung, bukit, semua jadi spot wisata Lombok yang sangat populer. Bahkan hingga ke mancanegara.

Selain Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air) yang begitu populer di wilayah utara, juga Gili Nanggu di wilayah selatannya, wisata Lombok juga memiliki beberapa Gili lain di sisi timur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yup, setiap kawasan wisata Lombok memang memiliki destinasi yang memukau. Seperti destinasi wisata Lombok Timur berikut ini yang sudah dirangkum Liputan6.com, Rabu (17/10/2018). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pantai Surga

Surga itu ada di Lombok. Tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Di sana kamu bisa menemukan Pantai Surga. Daya tarik utama dari wisata Lombok Timur ini adalah hamparan pasir putihnya. Kamu nggak perlu khawatir bermain-main di sana karena air lautnya juga sangat tenang. Nggak cuma bisa foto-foto, kamu juga bisa snorkling, strolling hingga memancing di pinggir tebing yang nggak kamu dapatkan di pantai lainya. Dengan garis pantai yang hanya 600 meter, Pantai Surga terletak di antara dua tebing tinggi. Bagian paling menarik, pantai ini belum banyak dikenal orang, sehingga suasana masih sepi dan nyaman untuk dikunjungi.

3 dari 8 halaman

2. Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata dibagian selatan Kabupaten Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai ini asyik banget buat kegiatan snorkling dan berselancar. Debur ombak yang tidak terlalu keras dengan air yang jernih berwarna biru mendekati tosca menambah pesona keindahan pantai ini. Pasir putih dan tebing karang dengan sebuah bukit semakin mempercantik wisata Lombok Timur satu ini.

Selain daya tarik panorama alam, wisata Lombok satu ini memiliki atraksi seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale. Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap hewan laut sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret di mana penduduk Pulau Lombok datang ke pantai ini untuk mengikuti berbagi rangkaian acara yang diselenggarakan.

4 dari 8 halaman

3. Bukit Selong

Bukit Selong berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Wisata Lombok ini belakangan menjadi buah bibir penikmat pariwisata Indonesia. Bagaimana tidak, Bukit Selong menyuguhkan pemandangan yang menawan. Hamparan hijau tumbuhan dan pemandangan dari atas bukit, akan memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Dijamin kamu bakal merasa jatuh hati saat melihat lanskap Gunung Rinjani dan petak sawah dengan warna berbeda-beda yang membentang di sana. Pemandangan hijau nan asri ini tentu tak hanya menyejukkan mata, kamu pun akan merasa tenang dan nyaman berlama-lama di bukit ini.

5 dari 8 halaman

4. Gili Kondo

Terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Memiliki alam bawah laut yang indah, snorkeling adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan objek wisata Lombok ini. Perairan di gili ini memiliki taman bawah laut yang dihuni beragam jenis biota laut dan dijadikan sebagai tempat konservasi terumbu karang. Selain snorkeling, kamu juga bisa melakukan island hopping dan melihat fenomena pulau pasir di tengah laut yang disebut Gili Kapal saat air laut sedang surut. Alamnya yang masih perawan dan jauh dari keriuhan menawarkan sejuta kejutan bagi siapa saja yang datang

6 dari 8 halaman

5. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi ini sering juga disebut sebagai Pantai Pink. Sesuai dengan julukannya, pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna merah muda yang langka dimiliki pantai lainnya. Hamparan pasir yang cantik dan air kebiruan menjadikan Pantai Tangsi sebagai destinasi wisata di Lombok yang indah dan masuk dalam daftar patut dikunjungi.

Keindahan Pantai Tangsi semakin sempurna dengan adanya hamparan bukit hijau yang indah di sekelilingnya. Aktivitas yang menyenangkan di tempat wisata Lombok satu ini adalah berenang dan snorkeling.

7 dari 8 halaman

6. Air Terjun Aiq Temer

Air terjun ini terletak di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur. Dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut. Objek wisata Lombok Timur ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Segarnya air terjun berpadu apik dengan tumbuhan hijau yang lebat. Di samping itu terdapat fauna monyet hitam yang menghuni hutan ini. Ada tiga air terjun yang memukau seperti Jukut, Jeruk Manis, dan Mayung Putih.

8 dari 8 halaman

7. Gili Petagan

Gili Petagan menjadi bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD). Gili di Lombok Timur yang luasnya 50 hektar ini memiliki hutan bakau yang telah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Uniknya lagi, di sini terdapat padang lamun (rumput laut) yang berpadu dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut yang cantik. Selain itu, Gili Petagan juga memiliki beberapa spot snorkeling di perairan dangkal dengan jarak pandang yang tidak terlalu dalam karena perairan di sini masih jernih. Terdapat pula spot untuk diving dengan kedalaman hingga 20 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.