Sukses

Sederet Wisata di Bangka Belitung Rekomendasi Puteri Indonesia 2018

Salah satu yang tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Bangka Belitung berdasarkan rekomendasi Putri Indonesia 2018 adalah menikmati otak-otaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Sonia Fergina Citra merupakan wakil Bangka Belitung pada pemilihan Puteri Indonesia 2018. Ia keluar sebagai pemenang dan akan melaju membawa nama Indonesia di kontes kecantikan dunia, Miss Universe 2018 pada 17 Desember 2018 mendatang di Bangkok, Thailand.

Berbicara soal Bangka Belitung, perempuan berusia 25 tahun tersebut merekomendasikan lima jenis wisata di tanah kelahirannya. Salah satu yang wajib untuk dieksplorasi adalah wisata alam yang semakin terkenal usai film Laskar Pelangi.

"Wisata alam kalau Bangka Belitung terkenal dengan wisata alamnya, apalagi Laskar Pelangi kemarin jadi melejit banget. Pantai Tanjung Tinggi pasti," jelas Sonia Fergina Citra kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Sonia menambahkan mengenai wisata religi di Bangka. Bertempat di wilayah Sungailiat di Bangka, di sana nantinya akan dibangun rumah-rumah ibadah yang letaknya berdekatan.

"Kemarin aku ikut fundraising gereja di Bangka, tepatnya Sungailiat. Nanti akan dibangun berdekatan dengan Pura Tri Agung. Rencananya, di sekitar sana juga akan dibangun Vihara dan Masjid dimana itu simbol provinsi kita Serumpun Sebalai. Walaupun semua berbeda kita tetap bisa menjadi satu naungan," tambah Puteri Indonesia 2018 ini.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video piihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Geopark dan Kuliner Bangka Belitung

Ada beberapa jenis wisata lain yang dapat dinikmati pengunjung di Bangka Belitung. Satu di antaranya adalah wisata buatan geopark seperti Taman Hutan Pelawan, hutan yang dilindungi di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Pulau Bangka. Hutan Pelawan berstatus sebagai Taman Keanekaragaman Hayati dan akan dijadikan kebun raya.

"Kalau wisata buatan ada geopark ada di Bangka dan Belitung. Di Bangka ada Taman Hutan Pelawan itu sekarang sudah berkembang," kata Sonia Fergina Citra.

Tidak ketinggalan, wisata kuliner yang wajib dicoba. Sonia menyampaikan salah satu sajian hasil perikanan adalah otak-otak. Meski sama otak-otak, ada perbedaan dalam penyajiannya.

"Kalau di Bangka (otak-otaknya) pakai kuah tauco, kalau di Belitung kuahnya cuka. Banyak sekali makanan laut terutama karena kita penghasilannya kebanyakan dari perikanan juga," ujar Sonia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.