10 Wisata Magelang Terbaru dan Instagramable, Asyik Buat Berfoto

Oleh Fadila Adelin pada 16 Okt 2018, 23:16 WIB
wisata magelang

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Magelang memiliki nilai sejarah yang sangat berarti, terdapat juga wisata alam yang masih sangat alami dan beberapa tempat bermain yang cukup mengasyikkan.

Selain terkenal dengan destinasi Gunung Andong dan Candi Borobudur, Magelang juga mempunyai objek wisata baru yang tidak kalah cantiknya.

Tidak ingin kalah dengan Jogja, Magelang pun terus berbenah diri memperbaiki setiap potensi wisata yang telah ada, terbukti dengan perbaikan beberapa fasilitas di berbagai tempat. Tidak heran kini wisata Magelang semakin menjadi incaran turis.

Dirangkum Liputan6.com, Selasa (16/10/2018), berikut ini adalah 10 wisata Magelang yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke kota sejuta bunga ini.

2 of 6

Menelusuri jejak Cinta dan Rangga di Ada Apa Dengan Cinta 2

1. Punthuk Setumbu

Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari bisa kamu temukan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya merupakan area persawahan penduduk setempat.

Namun setelah pemandangan sunrise Borobudur tersaji cantik di berbagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menanti sunrise.

wisata magelang
Punthuk Setumbu (sumber: commons.wikimedia.org)

2. Gereja Ayam

Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan namanya. Sejak digunakan untuk syuting Ada Apa Dengan Cinta 2. Tempat ini semakin menjadi incaran turis.

Di basement-nya terdapat ruang-ruang untuk berdoa bagi agama apapun. Sedangkan dari tingkat kedua dan ketiganya, kamu dapat menyaksikan panorama pegunungan menorah yang hijau dan indah. Tingkat paling atas, yang juga disebut Mahkota Ayam adalah tempat terbuka dan yang paling keren untuk berswafoto bersama.

wisata magelang
Gereja Ayam (sumber: wikipedia.org)
3 of 6

Wisata kekinian cocok untuk anak muda

3. Wanaprastha

Wanaprastha adalah tempat wisata Magelang kekinian yang berupa menara bambu. Pelataran atas dan puncak menaranya adalah tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk berswafoto.

Tempat wisata yang juga kedai kopi ini jangan sampai kamu lewatkan. Di sana kamu bisa mencicipi kopi samnil memandang indahnya Gunung Andong dan Merbabu.

4. Top Selfie Pinusan Kragilan

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang sudah disulap untuk menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial.

Hasil sulapannya berupa berbagai titik berswafoto keren, seperti tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung.

4 of 6

Pecinta ketinggian wajib ke sini

5. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong, mungkin kurang familiar di telinga kamu bila disandingkan dengan destinasi lainnya. Namun panorama cantik yang ada di sana tidak akan mengecewakanmu.

Bukit dengan ketinggian 624 Mdpl ini tidak kalah indah dengan Punthuk Setumbu. Berada di atas puncak, kamu akan disuguhi pemandangan cantik gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur. Wisata Magelang yang satu ini berada di Desa Giritengah Kecamatan Borobudur.

wisata magelang
Punthuk Mongkrong (sumber: pariwisata.magelangkab.go.id)

6. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur merupakan obyek wisata kekinian di Magelang yang baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2017, tepatnya berada di kaki Gunung Sumbing.

Berada di Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menikmati panorama alam sekitar dengan latar Gunung Sumbing.

5 of 6

Dua museum yang nggak boleh dilewatkan

7. OHD Museum Magelang

Museum pribadi ini milik seorang kolektor seni bernama Oei Hang Djien (OHD). Ada lebih dari 2000 karya seni yang disimpan di museum ini, mulai dari lukisan, patung, pahatan hingga new media art.

Beberapa karya dari seniman besar seperti Affandi, Hendra Gunawan hingga S. Sudjojono dan Widayat ada di museum ini. Museum ini termasuk museum seni terlengkap di Indonesia, jadi jangan lewatkan untuk mengunjunginya.

wisata magelang
OHD Museum Magelang (sumber: ohdmuseum.com)

8. Rumah Kamera

Dari luar bangunan ini memang berbentuk seperti kamera DSLR raksasa. Meskipun “kamera” ini tidak dapat mengambil foto seperti kamera asli, tapi di dalamnya ada banyak objek foto unik dan menarik.

Begitu masuk ke dalam “kamera” ini, kamu akan disuguhi berbagai karya lukis dari si empunya rumah yang menarik dan indah. Ada juga kursi-kursi lucu dan kreatif yang pas untuk mejeng dan berfoto lho.

wisata magelang
Rumah Kamera (sumber: camera house)
6 of 6

Nikmati kesegaran berenang di sendang dan air terjun

9. Sendang Maren

Bagi yang suka berenang, wisata Magelang yang satu ini cocok banget buat kamu. Mata air alami yang dikelilingi suasana pedesaan dan rimbunnya pohon ini akan menambah keseruanmu saat berlibur di Magelang. Wisata ini terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

10. Air Terjun Goa Slandak

Tempat wisata Magelang yang satu ini menawarkan dua wisata sekaligus yaitu air terjun dan goa yang letaknya berdampingan. Kalau masih ingin berpetualang, di sebelah atasnya ada juga air terjun yang lebih kecil tapi tidak kalah jernihnya, bernama Kedung Sembrani.

Sudah siap menelusuri wisata Magelang yang indah?

Lanjutkan Membaca ↓