Sukses

Kemunculan Volunteer Paling Muda di Penutupan Asian Para Games 2018

Usia baru belasan tahun, pemuda ini jadi volunteer paling muda di acara penutupan Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Acara penutupan Asian Para Games 2018 berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Madya, Jakarta, pada Sabtu (13/10/2018) malam. Dari sekian banyak rentetan acara, terdapat momen di mana volunteer paling muda di event olahraga terbesar se-Asia untuk atlet difabel ini muncul ke atas panggung.

Adalah Rajib, remaja lelaki yang didaulat sebagai volunteer paling muda di penyelenggaraan Asian Games 2018. Ia naik ke panggung bersama Momo, elang bondol maskot Asian Para Games 2018 setelah diundang Daniel Mananta dan Ary Kirana selaku pembawa acara.

Mengingat usia yang masih sangat muda, yakni 17 tahun, Daniel pun bertanya pada Rajib alasannya ikut jadi volunteer Asian Para Games 2018. Ia menyebutkan, hal ini merupakan bentuk kontribusinya untuk negeri.

"Ini kan nggak dibayar ya. Kenapa kamu mau jadi volunteer (Asian Para Games 2018)?" tanya Daniel. "Saya ingin berkontribusi untuk bangsa saya sendiri, yaitu bangsa Indonesia," jawab Rajib mantap.

Ia menambahkan, setidaknya ada tiga aturan penting bagi volunteer, yakni senyum, salam, dan sapa bagi semua partisipan. Tercatat 8.000 volunteer yang membantu berjalannya penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Daniel menyebut, volunteer merupakan salah satu aspek penting dari keberhasilan penyelenggaraan event yang dimaksud. Saking berharga, lima perwakilan volunteer, salah satunya memakai kursi roda, menerima penghargaan khusus yang diserahkah sejumlah atlet Asian Para Games 2018.

Kontingen Indonesia mengakhiri perjuangan di Asian Para Games 2018 dengan berada pada posisi kelima klasemen akhir menggeser Uzbekistan. Pada hari terakhir, Indonesia menambah perolehan medali emas sehingga total perolehan medali 135 buah, terdiri dari 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu.

Indonesia berhasil melewati target awal pada Asian Para Games 2018 ini, yaitu masuk delapan besar dengan capaian medali emas minimal 16 keping. Asian Para Games 2018 resmi ditutup dengan Upacara Penutupan yang akan digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/10/2018), yang dimulai pukul 19.00 WIB.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.