Megahnya Kostum Nasional Putri Indonesia Lingkungan Seberat 20 Kilogram

Oleh Dadan Eka Permana pada 11 Okt 2018, 21:30 WIB
Vania Fitryanti Herlambang

Liputan6.com, Jakarta - Putri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Fitryanti Herlambang akan berangkat ke Tokyo, Jepang, mewakili Indonesia dalam ajang Miss International 2018. Masa karantina akan berlangsung dari 18 Oktober hingga 10 November 2018. Sementara, malam Grand Final akan diadakan di Tokyo Dome City Hall, Jepang, pada 9 November 2018.

Selama masa karantina, Vania akan mengenakan beberapa busana rancangan karya desainer anak negeri, seperti Billy Tjong, Yosep Sinudarsono, Hans Sallam, dan Intan Avantie. Sedangkan, kostum nasional bagi perempuan kelahiran Madiun, Jawa Timur, 11 Februari 1997 ini dirancang oleh Dynand Fariz. Ia adalah sosok di balik kesuksesan Jember Fashion Carnaval.

Kostum nasional itu bertemakan rumah tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat, yang bertajuk Dynamism of Rumah Gadang. Kostum nasional seberat 20 kilogram tersebut kaya akan keindahan dan keunikan bangunan yang kental budaya Indonesia khas Sumatera Barat.

"Saya bangga dengan Indonesia, kali ini saya mengangkat dari rumah adatnya. Ini yang ingin kita tunjukan pada dunia bahwa Indonesia memiliki budaya yang luar biasa. Dengan busana ini juga, saya mau tunjukan Indonesia bangsa inovatif dan kreatif," kata Dynand Fariz di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

"Warna merah keemasan melambangkan keberanian dan kejayaan," lanjut dia saat ditanya tentang makna di balik pemilihan warna busana yang akan dikenakan Vania dalam ajang Miss Internasional 2018.

Kostum nasional tersebut dikonsep sejak beberapa bulan lalu. Proses pengerjaannya hanya memakan waktu selama satu bulan dengan bahan-bahan seperti matras dan songket.

"Semua pasti ada tingkat kesulitannya, tapi karena sudah biasa merancang nasional kostum jadi yah kita anggap sebagai proses kreatif saja," kata Dynand Fariz terkekeh.

Sementara itu, Vania mengaku semakin percaya diri dengan mengenakan kostum nasional rancangan Dynand Fariz. Ia berharap bisa mengukir prestasi di ajang Miss International 2018.

"Saya merasa bangga menjadi salah satu perempuan yang bisa membawa nama Indonesia hingga ke internasional dan peluang ini tidak akan saya sia-siakan. Doakan saya membawa prestasi untuk Indonesia," kata Vania.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Josephine YapJosephine Yap

KEMENANGAN MEMBER MENJADI PRIORITAS KAMI..... Dengan Menyediakan Bonus-Bonus Seperti : * Bonus rollingan/TurnOver 0.5% setiap hari nya!!! Silahkan kunjungi link kami di https://bit.ly/2LZxrC