Sukses

Air Jin dan 3 Tempat Wisata Lain di Maluku yang Diguncang Gempa Siang Tadi

Maluku menyimpan banyak tempat wisata, tak terkecuali di Kabupaten Buru Selatan yang baru diguncang gempa siang tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa tektonik dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Buru Selatan, Maluku. Berdasarkan data Kominfo BMKG, lokasi gempa terjadi 137 km tenggara Buru Selatan pada kedalaman 10 kilometer, pada Kamis (11/10/2018), pukul 11.55 WIT.

Di sisi lain, Maluku menyimpan banyak wisata yang menjadi surga bagi para pecinta traveling. Kekayaan alamnya menyuguhkan panorama, lautan biru tak bertepi, serta pulau-pulau cantik yang wajib masuk dalam daftar destinasi liburan Anda.

Penasaran destinasi wisata mana saja di Maluku yang wajib Anda kunjungi saat ingin melepas kepenatan kegiatan sehari-hari? Yuk, simak rangkuman dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Air Jin

Air Jin adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Buru Selatan, Maluku, yang dinominasikan sebagai salah satu Tempat Wisata Unik Terpopuler 2017 oleh Kemenpar dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tempat ini berjarak sekitar 200 meter dari Pulau Tomoho yang dapat dicapai dengan menggunakan speedboat atau perahu tradisional.

Keunikan dari Air Jin adalah Anda dapat menyaksikan sumber airnya keluar dari dalam sebuah lubang batu karang di kaki Gunung Kepala Madan. Menurut mitos dari masyarakat setempat, air ini dilindungi oleh tiga orang putri yang konon hidup di Gunung Kepala Madan.

 

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai dan Pulau Indah di Maluku

2. Pantai Batu Lubang

Pesona pantai indah lainnya di Maluku dapat Anda lihat di Pulau Batu Lubang. Pantai ini sendiri terletak di Desa Liloboy, Kecamatan Leihitu Barat, Maluku. Nama pantai didapatkan karena ada sebuah bukit karang berlubang dengan tinggi 2,5 meter dan lebar hampir 3 meter yang jadi daya tarik para pengunjung.

3. Pantai Ora

Tak perlu jauh-jauh ke Maladewa atau Bora-Bora, Indonesia khususnya Maluku memiliki banyak pantai indah. Salah satunya Pantai Ora terletak di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah.

Pantai ini menyuguhkan air jernih, panorama alam yang super indah, hingga beragam biota laut. Untuk melihat pemandangan ini, anda dapat memilih penerbangan dengan tujuan Ambon.

4. Banda Neira

Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Terdapat beragam wisata yang dapat Anda nikmati di Banda Neira, seperti diving. Terdapat 22 titik selam di laut Banda Neira.

Pulau penghasil pala dan kenari ini juga sarat akan sejarah. Wisata sejarah tersebut seperti mengunjungi rumah pengasingan beberapa tokoh termasuk Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir. Selain itu, Anda bisa menikmati senja di Pulau Hatta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.