Sukses

Pria Italia Juarai Kompetisi Bartender Dunia di Amsterdam

Perwakilan Indonesia dalam kompetisi bartender dunia di Amsterdam hanya lolos sampai tahap perdelapan final.

Liputan6.com, Amsterdam - Bartender asal Italia Riccardo Giovannelli akhirnya memenangkan kompetisi bartender yang diikuti 16 bartender dari seluruh dunia setelah menyingkirkan bartender asal Malaysia Daimler Kenn Cagas dengan nilai ketat 4:3 pada malam final, Selasa, 9 Oktober 2018, di Gedung Heineken Experience, Amsterdam, Belanda.

Dengan kemenangan ini, Riccardo berhak mendapatkan tropi berbentuk kran draught bir Heineken dan menonton pertandingan Formula 1 di Dubai. Riccardo tampil percaya diri dan konsisten dengan langkah-langkah yang seharusnya dijalankan oleh seorang bartender.

Langkah-langkah itu meliputi rinse (mencuci gelas), pour (menuang bir dari mesin lewat kran), skim (menyapu busa), check (memeriksa ketinggian bir), dan serve (menyajikannya).

Direktur Design Brand Heineken Mark van Iterson yang menjadi salah satu juri  menyebutkan, kebanyakan peserta hanya fokus pada bir. "Padahal, menyajikan bir itu selain fokus pada diri sendiri juga pada konsumen yang dilayani. Jadi, penyajian yang baik itu penting," ujar Mark.

Sementara itu, bartender asal Indonesia Muhammad Fauzi Rahman hanya berhasil masuk sampai tahap perdelapan final. Pada perempat final, pria asal Surabaya itu dikalahkan oleh bartender dari Seychelles, Kailash Taree.

Meski begitu, Uzi, begitu pria 24 tahun ini biasa disapa, berhasil mendapatkan nilai sempurna (5) di dua kali penyisihan sebelumnya. "Akhirnya faktor keberuntunganlah yang menentukan," ujar Uzi.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.