Gaya Fashion Ratna Sarumpaet Semasa Muda, dari Minimalis Sampai Boyish

Oleh Asnida Riani pada 04 Okt 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 04 Okt 2018, 12:00 WIB
20161203-Tersangka-Makar-HZ1

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet kini jadi sorotan tajam karena kebohongan yang diciptakan untuk menutupi operasi sedot lemak yang dilakukannya. Sebelum menjadi sosok kontroversial, dia adalah seorang seniman, penulis, juga aktivis yang dikenal dengan lontaran kritik nan tajam.

Namun, di tengah banyak gagasan yang membuat publik memutar otak atau malah mendidih, ternyata ada sisi lain untuk disimak dari perempuan 69 tahun tersebut. Menjauhi kesan serbakeras dalam berargumen, fashion Ratna di usia lebih muda malah memperlihatkan pemandangan lain.

Mengadaptasi gaya minimalis dengan minim aksesori, Ratna Sarumpaet bisa tetap terlihat manis. Penampilannya di usia 40 tahun-an ini juga memberi kesan feminin dengan pemakaian rok polos, bermotif, bahkan celana lebar. 

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet di usia 40-an. (dok. Instagram @rsarumpaet/Asnida Riani)

Salah satu look yang sempat diunggah di akun Instagram-nya, yakni saat Ratna bertandang ke Sintang, Kalimantan Barat, pada 1992. Membiarkan rambutnya tergerai, ibu aktris Atiqah Hasiholan ini memilih mengenakan busana berwarna lembut.

Memakai kalung panjang yang berwarna senada dengan atasan hampir sleeveless, busana Ratna Sarumpaet dipadukan celana sedikit gombrang berwarna putih. Bukan flat shoes, ia menambahkan sepatu boot sebagai pelengkap penampilannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Padukan Gaya Boyish dan Feminin

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet dan Atiqah Hasiholan saat muda. (dok. Instagram @rsarumpaet/Asnida Riani)

Satu lagi gaya vintage yang pernah diperlihatkan Ratna Sarumpaet. Berfoto bersama Atiqah Hasiholan di usia lebih muda, perempuan asal Tapanuli ini kedapatan mengadopsi gaya fashion perpaduan boyish dan feminin.

Di potret itu, Ratna terlihat mengenakan kemeja putih berpadu rok motif. Melengkapi penampilannya, Ratna juga memakai blazer hijau olive yang warnanya terdapat di motif rok. Sepatu semi-boots yang dikenakan makin menambah sentuhan boyish di look-nya.

 

3 dari 3 halaman

Memanfaatkan Suspender

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet dan Atiqah Hasiholan saat muda. (dok. Instagram @rsarumpaet/Asnida Riani)

Ratna Sarumpaet sepertinya sangat nyaman mengadopsi gaya boyish ketika berpakaian. Satu lagi contohnya saat beliau menghadiri wisuda sang buah hati, Fathom, di Edinburgh, Skotlandia.

Memakai kemeja putih, Ratna memilih suspender unuk membuat look-nya tak polos. Dipadu kacamata bergaya retro, voila, gaya boyish sangat nyaman dan mudah untuk ditiru.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Pedoman Penerapan New Normal Bagi Restoran Cafe dan Warung Makan