Sukses

Hobi Presiden Republik Indonesia dari Sukarno hingga Jokowi

Presiden juga manusia. Mereka memiliki hobi yang menjadi pelepas penat dari kewajiban mengurus negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi Presiden tak melulu harus mengurus negara. Mereka juga manusia biasa yang memerlukan waktu istirahat untuk memanjakan diri dengan berbagai hal yang disuka.

Dilansir dari Bintang.com, Presiden Republik Indonesia (RI) dari masa Sukarno hingga Joko Widodo memiliki cara berbeda untuk memanjakan diri dengan hal yang disuka. Beberapa hobi dari mereka terbilang unik, dan belum banyak diketehui khalayak.

Presiden Sukarno, misalnya. Ia memiliki hobi bernyanyi di kamar mandi. Hobi unik Sukarno itu sempat ditulis dalam buku berjudul ‘Bung Hatta Menjawab’ yang ditulis Dr Z Yasni.

Selain menyanyi di kamar mandi, ia juga suka sekali menonton film dan mengumpulkan aneka benda seni, seperti lukisan. Tak heran bila ia berteman akrab dengan seniman, termasuk pelukis Basoeki Abdullah.

Beda dengan Sukarno, presiden kedua Indonesia, Soeharto memiliki hobi memancing. "Kalau hari libur, kadang-kadang saya pergi ke laut atau Tapos," demikian tertulis dalam otobiograf Soeharto dalam buku berjudul Warisan (daripada) Soeharto.

Presiden ketiga Baharudin Jusuf (BJ) Habibie mengungkap ia suka sekali main pesawat. Itu adalah hobi di masa kecilnya yang akhirnya memicu dirinya untuk membuat pesawat sendiri. Tidak hanya main pesawat, Habibie juga hobi sekali membaca.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Dur hingga Jokowi

Sementara, Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur memiliki hobi menyenangkan orang lain dengan pelbagai candaannya. Ia senang melihat orang tertawa, dan candaannya yang kreatif itu selalu berhasil membuat siapapun yang mendengarnya langsung diliputi rasa bahagia.

Hobi Presiden ke-5 RI, yang juga merupakan anak kedua dari Sukarno, yakni Megawati Soekarnoputri adalah menari. Waktu masih kecil, Megawati sering menari tarian tradisional Indonesia untuk menyambut tamu negara.

Seperti Presiden Sukarno, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memiliki hobi yang sama, yaitu menyanyi. SBY juga ahli dalam menciptakan lagu dan memainkan alat musik. Ia bahkan sempat mengeluarkan satu album ciptaannya yang dinyanyikan sejumlah musisi.

Presiden Jokowi diketahui memiliki hobi memelihara hewan, bahkan sampai yang tak lazim jadi peliharaan, seperti kodok. Selain itu, ia hobi mendengarkan musik cadas dan nge-vlog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.