Sukses

Memikat Turis Singapura dan Malaysia Lewat Batam International Fashion and Food 2018

Belasan desainer akan memamerkan karya terbaru mereka dalam Batam International Fashion and Food (BIFF) 2018. Tunggu kejutannya November mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Terletak di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, Batam mewakili Kepulauan Riau dalam pengembangannya di sektor pariwisata. Untuk itu, Batam International Fashion and Food (BIFF) akan kembali digelar keempat kalinya, pada 2-4 November 2018.

Acara yang diinisiasi PT ENCPRO dan didukung Kementerian Pariwisata itu mengusung tema fashion on the sea melalui beragam kegiatan, seperti fashion show dan festival hijab. Melalui ajang tersebut, sejumlah desainer akan menampilkan koleksi terbaru mereka.

"Tujuan fashion on the sea tahun ini adalah sebagai promosi bagi Indonesia agar masyarakat Internasional maupun ASEAN dapat saling mengenal beragam fashion dan kuliner di Indonesia," ujar Christine Besinga selaku panitia penyelenggara BIFF 2018 pada konferensi pers di Kopi Luwak, Grand Indonesia, Selasa (2/10/2018).

Ia berharap festival tersebut mampu menumbuhkan industri kreatif setempat yang menopang pariwisata. Dengan begitu, daya tarik bagi turis mancanegara bisa meningkat dan berdampak positif bagi Batam.

"Ajang ini merupakan bagian untuk menarik wisatawan serta menjaga Kota Batam sebagai salah satu gerbang negara Indonesia untuk menarik wisatawan internasional, terutama negara tetangga yang dekat dengan Batam, seperti Singapura dan Malaysia," ujarnya.

Dalam BIFF 2018, 13 desainer lokal terlibat, seperti Tiffany Kenanga, Hengki Kawilarang, Danjyo Hyoji, dan Erdan. Kegiatan tersebut juga mengundang sembilan artis ibu kota untuk menyemarakkan suasana.

Christine berharap BIFF bisa go international, mengingat yang disajikan tak hanya busana, tetapi juga makanan. "Seperti full package ya, fashion iya, kulineran juga, ketemu artis lagi", ucap Delia Septianti, artis sekaligus desainer pada konferensi pers BIFF 2018 di Kopi Luwak, Grand Indonesia.

Pengunjung yang datang nantinya akan dimanjakan dengan 60 booth yang berisi beragam koleksi busana terbaru, kain nusantara, busana siap pakai, hingga produk aksesoris dari UKM. Sementara, olahan laut Batam akan menjadi andalan dalam ajang tersebut. (Maryani)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.