Sukses

Cantiknya 5 Pantai Sumba Timur yang Hari Ini Diguncang Gempa

Mari tengok keindahan lima pantai di Sumba Timur berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Palu dan Donggala, kini gempa Magnitudo 5,2 mengguncang Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, hari ini, Selasa (2/10/2018), pukul 06.12 WIB. Setelah itu, masih ada gempa susulan yang membuat warga resah.

Gempa susulan terjadi pukul 07.16 WIB berkekuatan Magnitudo 6,3. Namun, BMKG kembali menyampaikan melalui laman resmi, gempa magnitudo 5,9 guncang Sumba Timur pada pukul 11.49 WIB.

Berbicara mengenai Sumba Timur, rasanya tidak lengkap jika tidak mengulas keindahan alamnya. Beberapa objek wisata di sana meliputi air terjun, taman wisata, taman nasional, pulau-pulau terluar, tanjung, dan tentunya pantai yang tidak boleh dilewatkan.

Lalu, seperti apa keindahan pantai-pantai di kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur? Yuk, simak rangkuman yang dibuat dari berbagai sumber berikut ini.

1. Pantai Puru Kambera

Cantiknya panorama hadir di pantai Puru Lambera yang terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, berjarak 26 km dari Waingapu. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus menempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Waingapu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pantai Walakiri

Air biru dan pasir putih juga dapat Anda temukan di Pantai Walakiri. Pantai ini berada di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai, atau sekitar 24 km dari Kota Waingapu. Di Pantai Walakiri, Anda juga dapat menikmati matahari terbit.

3 dari 5 halaman

3. Pantai Londa Lima

Menurut penjelasan di laman resmi Pemda Kabupaten Sumba Timur, pantai ini kerap disebut Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta atau sekitar 12 km dari Kota Waingapu. Beberapa aktivitas dapat dilakukan pengunjung di Pantai Londa Lima seperti berjemur, memancing, sampai membeli ikan segar.

Menariknya, Pantai Londa Timur juga sebagai tempat Hamayang atau upacara adat Marapu. Sementara itu, Marapu adalah sebuah kepercayaan lokal yang dianut masyarakat di Pulau Sumba yang memiliki kepercayaan pemujaan nenek moyang dan leluhur.

4 dari 5 halaman

4. Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang memiliki karakteristik yang unik, yakni pantai dengan pasir putih berbentuk setengah lingkaran beserta lautnya yang elok. Pantai yang berada sekitar 120 km dari Waingapu ini sangat cocok untuk renang, menyelam, bermain selancar, atau ski air. Pengunjung juga bisa surfing pada musim panas.

5 dari 5 halaman

5. Pantai Katundu

Pantai Katundu berada di Desa Praimadita, Kecamatan Karera, atau sekitar 162 km dari Kota Waingapu. Pantai ini berada sejajar dengan Pantai Waihungu dan terpisah oleh barisan pegunungan. Hamparan laut biru dan panorama cantik siap jadi suguhan istimewa saat Anda berkunjung ke Pantai Katundu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.