Sukses

Siasati Ruang Terbatas dengan Gaya Skandinavia dan Permainan Warna

Gaya Skandinavia tak melulu harus putih dan cokelat. Anda bisa menambahkan sentuhan warna pastel agar ruang apartemen yang relatif sempit, lebih hidup. Sontek gayanya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya Skandinavia belakangan makin diminati. Ciri khas desain berada pada penggunaan warna putih dan pemilihan furnitur yang fungsional. Cocok dengan ruang terbatas, pengembang apartemen Skandinavia yang berlokasi di kompleks TangCity Mall, Kota Tangerang, mengadopsi gaya ini.

Biro arsitek Arpose Design merancang agar ruang bisa berfungsi maksimal. Pada tipe one bedroom, desainer banyak memanfaatkan dinding untuk tempat penyimpanan. Nyaris tidak ada dinding kosong pada ruang dapur yang didominasi elemen kayu dan sentuhan tegel bermotif pada dinding dekat kompor.

Penggunaan tegel bukan hanya sebagai elemen dekoratif, tetapi juga bisa memudahkan pemilik apartemen membersihkan ruang dapur usai memasak. Minyak yang menyiprat, misalnya, bisa dengan mudah dilap.

Di sebelah kompor, desainer menempatkan kulkas kecil dan mesin cuci tersusun bertumpuk. ada sejumlah kabinet untuk menempatkan peralatan masak dan makan. Kesemuanya menggunakan warna putih. Hal itu sekaligus mengefisienkan ruang dapur yang terbilang sempit.

Di seberangnya, desainer sengaja menempatkan kamar mandi dengan dominasi warna abu-abu. Meski terkesan gelap, penataan toilet duduk dan ambalan serta shower bisa membuat ruang terasa lapang.

Pada bagian lain, kita bisa menemukan ruang santai sekaligus ruang tidur. Karena tidak terlalu luas, desainer menempelkan televisi layar datar pada dinding. Sedangkan, rak buku diletakkan agak masuk ke dalam dinding. 

Lantai marmer putih yang digunakan selain memberi kesan lapang, juga memancarkan kemewahan. Agar tak terlalu monoton, rak buku yang ada di ruangan menggunakan warna coklat gelap dan menambahkan lukisan di dinding dekat rak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruang Makan Berwarna

Tanpa partisi, ruang tidur terhubung langsung dengan ruang makan. Perubahan suasana hanya ditandai pada dinding kayu yang ternyata adalah lemari pakaian dengan sliding door. Pada salah satu lemari, permukaannya dipenuhi kaca agar bisa membuat kesan luas pada ruang makan.

Meja dan kursi makan sengaja dipilih bermaterial kayu yang hangat. Disesuaikan dengan target pembeli berusia di bawah usia 45 tahun, sandaran kursi menggunakan warna biru cerah agar terkesan muda dan playful. Sementara, pencahayaan menggunakan kap lampu gantung berdesain sederhana tetapi tetap menarik.

Desain gaya Skandinavia, kata Sugiyanto Lie selaku Sales Director Apartemen Skandinavia, selain untuk memunculkan kesan modern dan sederhana, juga dirancang khusus untuk merefleksikan kepribadian penghuninya.

"Skandinivia tahap satu warnanya lebih cerah mewakili warna pagi dan siang hari karena mencerminkan kepribadian yang energetic market-nya," kata Sugiyanto Lie.

Untuk apartemen tahap satu yang memiliki 1.065 unit, penggunaan warna-warna terang lebih ditonjolkan. Penggunaan elemen kayu pada dekorasinya dan marmer untuk lantainya dipilih agar terkesan natural.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.