Sukses

Punya Ide Pertunjukan Mumpuni, Daftar Saja ke Proposal Art Project Development

Banyak pengalaman plus yang jarang didapat bila proposal seni pertunjukanmu terpilih oleh tim Garin Nugroho.

Liputan6.com, Jakarta – Sutradara ternama Indonesia, Garin Nugraha melalui Garin Workshop yang bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menyelenggarakan program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia. Program yang telah berjalan tiga tahun itu membuka ruang bagi Anda yang memiliki ide pertunjukan namun bingung untuk dipentaskan.

Salah satu program unggulan ruang kreatif adalah seleksi proposal seni pertunjukan atau Proposal Art Project Development. Program ini membuka kesempatan bagi seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal.

Kompetisi Proposal Art Project Development dibuka sejak 12 September – 31 Oktober 2018 dan proposal yang dibuat dapat diunggah melalui website www.indonesiakaya.com/ruangkreatif.

Selanjutnya, proposal yang masuk akan diseleksi. Proposal terpilih akan berkesempatan mengikuti workshop yang diwakili oleh pimpinan produksi.

Mereka juga akan mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis, cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal serta mengelola manajemen dalam sebuah produksi seni pertunjukan.

"Kami melihat bahwa banyaknya potensi karya-karya bagus yang dibuat oleh para seniman muda, namun sulit mendapat kesempatan untuk tampil karena kurangnya kemampuan mempresentasikan konsep dan karyanya ke pihak pendukung," kata Garin di sela roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan di Denpasar, beberapa waktu lalu, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Garin berharap program itu menjadi ajang pembelajaran para pimpinan produksi muda dalam mempresentasikan konsep dan karya seni pertunjukannya. Kelompok seni yang berhasil lolos dalam pitching forum, akan berkesempatan untuk menampilkan karyanya di panggung Galeri Indonesia Kaya setiap akhir pekan pada Maret 2019.

Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti.

"Program ruang kreatif ini selaras dengan visi dan misi Bakti Budaya Djarum Foundation untuk turut berperan serta dalam memajukan bangsa dengan menumbuhkan dan meningkatkan kualitas seniman-seniman muda, sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan Indonesia tetap ada," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipandu Seniman Ternama

Sebagai pembuka, Garin Workshop menggelar roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia yang mempertemukan seniman pelaku seni pertunjukan ternama dengan seniman-seniman muda pelaku seni pertunjukan di berbagai daerah. Ada empat kota tujuan roadshow, yakni Denpasar, Pekanbaru, Solo, dan Makassar.

Sejumlah seniman senior berbakat di bidangnya turut digandeng, seperti Eko Supriyanto, Rama Soeprapto, Iswadi Pratama, dan Ayu Laksmi. Tak ketinggalan, beberapa peserta terpilih sebelumnya turut hadir dalam roadshow kali ini, yaitu Otniel Tasman dari Otniel Dance Community, Mila Rosinta dari Mila Art Dance, Maharani dari Maha Dance, dan Meyda Bestari dari Flying Balloons Puppet.

"Ruang kreatif dapat menjadi jembatan untuk komunitas seniman muda lebih dikenal oleh masyarakat luas. Karena melalui program ini, komunitas tersebut dikelola dengan publikasi yang lebih seperti live streaming saat pentas dan liputan media," ujar Rama Soeprapto.

(Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.