Sukses

Dari Komik Strip, Penghasilan Sengklekman Cukup Buat Modal Lamaran

Julian Syahputra, sosok di balik komik strip akun Instagram @sengklekman cerita soal hobi yang jadi profesi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bilang, kerjakan sesuatu yang disuka maka hasilnya pun akan luar biasa. Pemilik akun Instagram @Sengklekman Julian Syahputra sudah merasakannya. Kreator komik strip yang baru berjalan tiga tahun ini berhasil mengasah skill-nya dengan baik dalam penyebaran yang tepat lewat media sosial. 

Dalam waktu tiga tahun juga, ia pun mengandaikan jika penghasilannya sudah bisa modal untuk melamar pasangan dan mandiri bisa menghasilkan uang di usia muda. "Bisa lamar anak orang lah," ujarnya saat #HangOutAtKLY di kantor KLY, Gondangdia belum lama ini. 

Ia pun bercerita tentang awal ketertarikan di dunia gambar yang bermula dari sang kaka. Ia pun bergabung dengan komunitas Drama Panggung dan mulai produktif menghasilkan komik. Pelecut semangatnya adalah saat karyanya di-repost oleh akun besar di Facebook. 

 

"Kakak yang membawa saya sampai sejauh ini. Dulu dia juga suka sekali gambar sampai membuat drama panggung komedi, dari situ saya tertarik mengikutinya", lanjut Julian. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri Khas Sengklekman

Kini, Julian merasa punya tanggung jawab dengan konsisten memproduksi dan menyajikan konten setiap hari di akun Instagramnya. Hal itu untuk memenuhi permintaan follower dan ia tak ingin mengecewakan para penggemar yang telah membesarkan namanya. 

"Konsisten dalam hal postingan, wajib posting tiap hari, karena suka merasa enggak enak kalau enggak posting, meski saya liburan, atau kemana pun tetap akan menggambar dan update".

Terinspirasi dari komik tahilalat meski dengan keterbatasan alat, Julian mencoba untuk menampilkan isi komik yang berbeda. Pria berkacamata sebagai sosok utama di komik stripnya adalah Julian sendiri. Di mana pria sengklek tersebut asyik dengan kebodohannya.

Julian juga menilai jika generasi milenial sekarang suka dengan hal-hal yang absurd. "Milenial sekarang suka sama yang absurd menghibur dari kebodohan gitu," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Keberhasilan Julian sebagai Creator Sengklekman

 

Kini karya yang diproduksi sengklekman terus berkembang, mulai dari merchandise, live action TV, dan animasi. "Belajar terus ya pasti, sekarang lanjut ke animasi dan merchandise," tambahnya. 

Ia pun yakin jika bisa meraih sukses lebih besar dengan sikap kompetitif. Sebab ia mempraktikkan prinsip "Orang lain bisa kenapa saya tidak". 

 

(Mariany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.