7 Rahasia Turunkan Berat Badan Versi Finalis Puteri Indonesia

Oleh Komarudin pada 01 Okt 2018, 18:31 WIB
Sabrina Chairunnisa

Liputan6.com, Jakarta - Finalis Puteri Indonesia 2011, Sabrina Chairunnisa, punya cara tersendiri untuk menurunkan berat badan. Lewat akun akun Instagram pribadinya, Sabrina membagikan tips menurunkan berat badan.

Sabrina menjelaskan, menurunkan berat badan tak perlu dengan cara ekstrem. Seperti langsung makan tanpa garam dan tanpa gula sama sekali. Artinya, harus kalori defisit sekecil mungkin tiap hari.

Meski cara tersebut tak salah, Sabrina malah khawatir, cara tersebut malah justru gagal. Biasanya, menurut Sabrina, makan makin "menggila" akibat tak kuat dengan makanan yang tanpa rasa.

Niat dan tujuan untuk menurunkan badan sangat penting. Begitu juga mental harus kuat dan jangan banyak mengeluh.

"Stop percaya sama apapun yg namanya "makan / minum ini bisa kurus dalam seminggu/sebulan" THATS NONSENSE..," tulis Sabrina Chairunnisa.

Apa saja tips untuk menurunkan berat badan perempuan yang menjadi juara ketiga dalam ajang Puteri Indonesia 2011 ini?

 

2 of 2

7 Contekan Sabrina

Sabrina Chairunnisa
Sabrina Chairunnisa membagikan tips untuk menurunkan berat badan (Instagram/@sabrinachairunnisa_)

Kurangi Nasi Putih

Mengurangi konsumsi nasi putih. Coba nasi merah, coklat, hitam yang lebih rendah gula dan tinggi serat atau bisa ganti dengan kentang. Ubi juga bisa sebagai pengganti nasi.

Kurangi Kadar Garam dan Gula

Tak perlu pusing dengan menu diet. Semua makanan biasa masak. Yang penting yang berprotein. Tinggal mulai sekarang kurangi kadar garam dan gula sedikit mungkin. Ia biasa pakai sea salt atau himalayan salt karena kadar sodium lebih rendah.

Ganti dengan Buah

Daripada makan dessert seperti cake, donut, dan lain-lain, ganti dessert dengan buah.

Kukus dan Lainnya

Urutan proses masak nya pertama bisa dikukus, rebus, panggang, bakar, tumis, terakhir digoreng.

Setop Minum dan Makan Tak Berfaedah

Setop minum dan makan yang tak berfaedah, seperti milk tea atau yang lainnya. Awalnya karena trend, tapi akhirnya jadi ketagihan dan makanan seperti gorengan, jajanan-jajanan hits kekinian yang penuh karbohidrat tapi tak berfaedah.

Kalori Defisit

Kalori defisit bukan berarti makan harus sesedikit mungkin. Tapi lebih pada kebutuhan kalori harian itu 1.500, misalnya, dipotong jadi 1.200-1.300.

Cheat Meal

Cheat meal bukan cheat day. Pada saat jadwal hari makan bebas, lebih baik bukan seharian, tapi satu kali makan saja, misalnya, makan siang saja.

Lanjutkan Membaca ↓