ID Creative Week jadi Hajatan 3 Wadah Industri Kreatif Terpopuler

Oleh Meita Fajriana pada 21 Sep 2018, 20:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2018, 20:15 WIB
Industri kreatif di ID Creative
Perbesar
ID Creative hadirkan wadah terlengkap berkumpulkan industri kreatif. (Foto: Dok. ID Creative)

Liputan6.com, Jakarta Industri kreatif tanah air semakin berkembang didukung dengan banyaknya wadah yang memperkenalkan para pelaku industri kepada masayarakat. Beberapa di antaranya Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest. Dari gelaran ini biasanya sebuah sebuah brand semakin memperkuat memiliki visi dan misinya. 

Ketiga ajang ini sudah malang melintang selama lebih dari setengah dekade. Wadah ini juga menjadi saksi kesuksesan dan keberhasilan berbagai brand menggaet pasar. Jakarta Fashion Week menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5.

Tahun ini, ketiga pesta industri kreatif ini bersinergi menciptakan wadah yang menaungi insan kreatif Indonesia secara lebih besar dan lengkap. Dengan menggabungkan kekuatan, diharapkan perhatian masyarakat akan bertambah besar terhadap enterpreneur muda dan bisnis startup brand lokal di bidang fesyen, F&B, serta gaya hidup.

“Dengan spirit yang sama, ID Creative Week adalah langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia. Kita percaya berkolaborasi selalu membawa hasil yg lebih. Nilai-nilai yang dimiliki Brighspot juga melekat di Jakarta Fashion Week dan IdeaFest. Harapannya kreativitas dari Indonesia bisa bergaung di seluruh dunia” kata Founder Brightspot Anton Wirjono saat konferensi pers di Senayan City, Jakarta, pada Rabu (19/9/2018).

Brightspot adalah sebuah perayaan untuk individu yang telah mempunyai keberanian merealisasikan impian mereka menjadi sebuah output kreatif yang mengubah kultur kontemporer di negara kita. Hal ini juga yang menjadi tema Brightspot tahun, Imaginarium yang berarti imajinasi kita bisa berkreasi dan kreativitas adalah sebuah komoditi berharga dan unik.

 

2 dari 3 halaman

Wadah terlengkap untuk industri kreatif

Industri kreatif di ID Creative
Perbesar
ID Creative hadirkan wadah terlengkap berkumpulkan industri kreatif. (Foto: Dok. ID Creative)

Sementara IdeaFest merupakan wadah yang menyediakan platform untuk pertukaran ide. Agendanya diwarnai dengan puluhan kelas, seminar, dan diskusi menarik terkait industri kreatif dan perkembangan teknologi yang terkait.

“Melalui kolaborasi, ini menjadi ajang terbesar bagi industri kreatif, dan kami terbuka untuk siapa pun yang ingin turut memajukan kreativitas bangsa. Salah satu harapannya adalah untuk mengundang lebih banyak tamu internasional, baik untuk bekerja sama, menanamkan investasi, sampai sekedar mengenal ide-ide kreatif anak bangsa,” kata Ben Subiakto Co-Founder IdeaFest.

Terakhir, gelaran mode terbesar di Indonesia Jakarta Fashion Week. Pekan mode yang sudah memiliki gaung tersendiri di Asia Tenggara ini menyalurkan bakat-bakat nasional ke panggung global, dan menyediakan inspirasi dari desainer internasional untuk industri mode nusantara.

“Kami memiliki segmen yang saling bersinggungan, tidak hanya dari segi pengunjung, tapi juga pengisi acaranya. Dari situ kami menemukan pemikiran yang sama untuk semakin mempromosikan industri kreatif, maka kami bahu-membahu untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Kemudian ide ID Creative Week lahir,” kata Chairwoman Jakarta Fashion Week Svida Alisjahbana.

3 dari 3 halaman

Jadwal lengkap ID Creative

Industri kreatif di ID Creative
Perbesar
ID Creative hadirkan wadah terlengkap berkumpulkan industri kreatif. (Foto: Dok. ID Creative)

Memikul tugas mengarahkan wadah besar ini, setiap tahunnya posisi Chairperson akan dialihkan kepada masing-masing penggagas di tiap ajang. Pada permulaannya, Svida Alisjahbana sebagai Chairwoman dari Jakarta Fashion Week didapuk sebagai pengemban pertama.

"Tahun depan, disesuaikan pula dengan target yang sedang menjadi fokus, maka Anton Wirjono dari Brightspot atau Ben Subiakto dari IdeaFest akan menggantikan saya. Setiap tahun akan diadakan rotasi, supaya program ini tidak stagnan dan terus berevolusi menghasilkan variasi," lanjut Svida.

ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka tanggal 20 Oktober 2018 di Senayan City, disusul dengan Brightspot di tanggal 25 Oktober 2018 bertempat di Pacific Place, dan IdeaFest pada 26 Oktober 2018 di Jakarta Convention center.

Lanjutkan Membaca ↓