Suasana Berbeda di Penjara India

Oleh Liputan6.com pada 19 Sep 2018, 20:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2018, 20:15 WIB
Ilustrasi penjara (AFP)
Perbesar
Kepo dengan kehidupan tahanan di India, yuk simak bareng. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Biasanya hal pertama yang dipikirkan oleh seseorang ketika mendengar kata penjara adalah ruangan gelap, berbahan beton yang memiliki ruang terbatas. Secara umum tempat ini adalah tempat dimana narapidana tidak dapat mengklaim sebagai tempat miliknya, dan tidak bisa memiliki pilihan atas makanan. Narapidana juga tidak dapat memilih dengan siapa mereka akan ditempatkan dalam sel.

Apa yang Anda ketahui tentang tahanan saat menjalani kehidupan di Penjara? Berbeda dengan Indonesia, sebuah penjara di India hadir dan mengubah arti dari penjara yang sebenarnya kepada masyarakat. 

Di India, penjara ini dibuat secara terbuka di mana para tahanan memiliki kebebasan untuk menjalani hidup bersama keluarga dan juga bekerja. Penasaran bagaimana uniknya penjara terbuka ini, seperti yang dilansir dari Boldsky.

Penjara terbuka yang unik ini terletak di distrik Indore Madhya Pradesh. Penjara dengan nama Devi Ahilyabai Open Colony, berada di dekat penjara distrik kota Indore.

2 dari 3 halaman

Dapat Membawa Perubahan

Penjara Bawa Keubahan (AFP)
Perbesar
Kepo dengan kehidupan tahanan di India, yuk simak bareng. (AFP)

Tujuan utama penjara unik ini adalah membawa perubahan positif dalam kehidupan para narapidana di sana. Perubahan positif yang bisa mereka lakukan mulai dari mengembangkan bakat dan kreativitas diluar dengan bekerja. Pihak penjara India pun tidak mengambil keuntungan dari jerih payah para tahanan. Tidak hanya diberikan kebebasan untuk beraktivitas diluar, terdapat lebih dari sepuluh narapidana yang sudah menikah dan telah diberikan apartemen sendiri. 

 Fasilitas Untuk Narapidana

Sebuah tempat tidak mungkin disediakan tanpa ruangan yang spesifik. Para Tahanan di India, tidak perlu kuatir jika membahas fasilitas. Penjara ini memiliki dua kamar dalam satu rumah, ruangan yang bisa dibilang seperti rumah BTN pada umumnya, di mana tahanan yang dihukum bisa tinggal bersama keluarganya dan dapat keluar untuk bekerja. Mereka diizinkan untuk memiliki kehidupan yang teratur dan juga bekerja dari jam 8 pagi dan kembali pada pukul 6 sore.

3 dari 3 halaman

Tidak Semua Tahanan Masuk

Tahanan Tertentu Bisa Masuk (AFP)
Perbesar
Kepo dengan kehidupan tahanan di India, yuk simak bareng. (AFP)

Setelah mengetahui fasilitas yang didapatkan saat berada di penjara, membuat tahanan bertanya, apa saya akan ditempatkan disana atau tidak?

Jawabannya adalah tergantung kasus Anda seberat apa. Tempat yang disediakan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat India yang memiliki kasus tertentu seperti, tahanan yang telah divonis hukuman mati tetapi telah berperilaku baik maka akan dibebaskan dalam satu atau dua tahun.

 Keterbatasan untuk Tahanan

Memang kebebasan yang diberikan kepada para tahanan untuk tetap dapat melakukan aktivitas diluar bukan berarti tahanan bebas untuk keluar masuk dari batas yang ditentukan. Terlepas dari itu, para tahanan tidak diizinkan untuk melanggar batas kota. 

 

 

(Mariany)

Lanjutkan Membaca ↓