Sukses

Benarkah Pria Menyukai Wanita Cerdas, Namun Tidak Berniat Kencan?

Kaum pria memang menyukai sosok wanita yang cerdas, namun tidak untuk berkencan, benarkah? Simak di sini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang kencan, mungkin menyenangkan jika bisa melakukannya dengan seseorang yang lebih menarik, lebih sukses, atau lebih cerdas daripada diri sendiri, benar? Tergantung.

Bagi kaum pria, ide untuk melakukan kencan dengan seseorang yang lebih cerdas dari diri mereka snediri sebenarnya bisa menjadi hal yang buruk. Beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan analitis dianggap sebagai kualitas maskulin yang stereotip, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Senin (17/9/2018).

Tidak heran jika kompeten dan kompetitif adalah kualitas yang sangat penting bagi pria, sehingga kecerdasan wanita mungkin bisa menjadi hal yang mengancam untuk mengukur calon pasangan mereka. Sebuah studi di tahun 2006 menemukan bahwa pria dalam hubungan kencan dengan cepat dapat menemukan kecerdasan sebagai sesuatu yang menarik, kecuali jika suatu saat mereka menganggap teman wanita mereka lebih pintar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria menyukai wanita cerdas, namun bukan untuk berkencan

Jadi, walaupun banyak pria menginginkan wanita cerdas, benarkah mereka ingin melakukan kencan? Para peneliti dari Universitas di Buffalo, California Lutheran University, dan University of Texas di Austin mencoba mengeksplorasi pertanyaan ini di dalam studi yang mereka lakukan.

3 dari 3 halaman

Pria menjadi tidak tertarik dengan wanita cerdas ketika bertemu langsung

Dalam survei, 86% pria menyatakan mereka merasa nyaman berkencan dengan seseorang yang lebih pintar. Secara keseluruhan, kaum pria suka bergaul dengan wanita yang lebih cerdas ketika belum bertemu secara langsung.

Namun, mereka menjadi tidak begitu bersemangat untuk menjalani hidup dengan wanita yang lebih cerdas dari diri mereka. Kaum pria juga merasa kurang maskulin ketika berhadapan atau duduk bersebelahan dengan wanita yang lebih pintar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.