Sukses

Posisi Tidur yang Disarankan agar Tak Terjadi Keriput Dini pada Kulit

Tahukah Anda bahwa posisi tidur Anda setiap malam dapat menyebabkan munculnya keriput? Simak di sini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah Penelitian menunjukkan tekanan tidur berulang di sisi yang sama berkontribusi pada kerutan di wajah dan dada Anda. Bantal dan kasur yang Anda gunakan dapat memadatkan, meregangkan, mendorong, dan menarik kulit semalaman, menyebabkan kerutan dari waktu ke waktu.

Kerutan karena tidur bukan disebabkan kontraksi otot. Tidak seperti kerutan di dahi, sehingga Anda tidak bisa menanganinya dengan botox.

Anda bisa menggunakan semua produk seperti tretinoin, retinoid, krim antikerut, dan tabir surya. Namun, semua percuma jika posisi tidur yang dilakukan masih sama setiap malamnya, seperti dilansir dari furthermore.equinox.com, Senin (10/9/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara terbaik mencegah munculnya kerutan saat tidur

Cara terbaik untuk mencegah kerutan ini adalah dengan tidur telentang. Selain tidur telentang, Anda juga menggunakan sarung bantal sutra yang memungkinkan lebih banyak gerakan atau bantal busa yang tidak terlalu mengompres kulit.

3 dari 3 halaman

Faktor penyebab munculnya kerutan

Kerutan memang bisa muncul karena berbagai faktor, termasuk genetika dan paparan sinar matahari terus menerus. Namun, jika Anda bisa mencegah munculnya kerutan dengan mengganti posisi tidur, mengapa tidak dicoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.