Sukses

Mau Berangkat Umrah, Terapkan Hal Berikut Ini

Pergi beribadah ke tanah suci di Makkah menjadi salah satu cita-cita mayoritas orang Islam. Namun, selain membutuhkan waktu dan energi, pergi umrah juga memerlukan biaya tidak sedikit. Bagaimana cara menyiasatinya

Liputan6.com, Jakarta

Pergi beribadah ke tanah suci di Makkah menjadi salah satu cita-cita mayoritas orang Islam. Namun, selain membutuhkan waktu dan energi, pergi umrah juga memerlukan biaya tidak sedikit.

Yap, hal itu tergantung dengan isi dompetmu. Jadi, nanti bisa disesuaikan dengan dana Anda. sebagai contoh, dengan paket umrah yang murah, Anda bisa mendapatkan akomodasi dan layanan minimalis. Sebaliknya, bila paket mahal, Anda bakal dapat fasilitas dan layanan lebih bagus.

Dihimpun dari Liputan6.com, ada beberapa strategi yang perlu diterapkan agar umrah Anda sesuai harapan.

Pilih paket umrah

Biasanya agen umrah menawari berbagai pilihan paket. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Mulai dari yang 9 hari sampai 12 hari. Cermati paket tersebut, pilih sesuai keuangan Anda.

Ingat, semakin lama waktu umrah tentu biayanya juga akan semakin mahal. Namun, jikalau Anda membawa serta orangtua alangkah lebih baiknya memilih paket umrah yang lebih mahal. Kenapa?

Pasalnya, akan lebih nyaman bukan memilih paket umrah yang memberikan kenyamanan lebih. Pertimbangkan faktor kenyamanan supaya ibadah Anda di Tanah Suci bisa berjalan lancar.

Siapkan pendanaan

Banyak paket umrah yang murah, tapi hati-hati memilih paket tersebut. Pasalnya, beberapa agen umrah yang bermasalah. Memberikan harga murah namun entah umrahnya. Nah, biasanya untuk biaya umrah tahun ini dipatok kisaran dari Rp 20 juta.

Agen travel biasanya meminta Anda membayar uang muka terlebih dulu. Besarnya beragam tergantung agen travel tersebut, ada yang bisa di bawah Rp 10 juta atau bahkan 60 persen dari total harga paket.

Untuk mendapatkan uang senilai itu, Anda bisa menabung dari uang gaji atau usaha. Anda bisa pula investasi di berbagai produk keuangan ataupun investasi logam mulia, seperti emas.

Menabung

Kini, beberapa lembaga keuangan, seperti bank syariah sudah banyak yang menyediakan produk pembiayaan untuk mereka yang ingin pergi umrah. Produknya mirip dengan kredit tanpa agunan namun disediakan dengan akad syariah, yaitu akad jual beli manfaat atau jasa (ijarah multijasa).

Biasanya untuk fasilitas pembiayaan seperti ini, Anda perlu memberikan uang muka sebesar 10 persen dengan limit pembiayaan mulai Rp 10 juta sampai Rp 150 juta.

Cicilan bisa dilakukan setelah umrah selesai dengan rentang waktu hingga 36 bulan.

Bila memang memilih memakai pembiayaan bank, pastikan Anda telah menghitung beban cicilan dan untung rugi memakai fasilitas pembiayaan tersebut.

Ikut program umrah

Sebagai cara lain, Anda bisa ikut program undian yang menyediakan umrah sebagai hadiahnya. Tidak ada salahnya bukan. Seperti program umrah dari Yamaha Indonesia.

Yamaha Motor secara resmi mengumumkan nama para pemenang program umrah. Para pemenang berhak atas hadiah yang ditetapkan melalui pengundian tahap pertama yang telah dilakukan pada Senin, (30/8) di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur.

Pengundian dilaksanakan di hadapan perwakilan Kementerian Sosial, notaris dan kepolisian serta dihadiri oleh management PT YIMM. Para pemenang berasal dari berbagai area yang telah membeli motor-motor Yamaha termasuk skutik MAXI Yamaha teranyar Lexi.

Program umrah ini merupakan apresiasi Yamaha Motor kepada konsumen. Yamaha juga makin memanjakan konsumen karena para pemenang tidak dikenakan pajak.

Selengkapnya untuk nama-nama pemenang program umroh tahap pertama ini dapat unduh di sini.

Program umroh Yamaha ini digelar mulai dari bulan April - September 2018. Konsumen masih bisa mengikuti tahap kedua Juli – September untuk pembelian semua tipe sepeda motor Yamaha.

Untuk pembelian sepeda motor Yamaha mendapatkan 1 nomor undian. Jumlah nomor undian bisa ditambah sesuai aturan yang berlaku :

1. Pembelian Yamaha Blue Core series (selain MAXI Yamaha) mendapatkan 2 nomor undian

2. Setelah konsumen membeli dan register di tautan ini

3. Pembelian di spesial event (Blue Core Yamaha Motor Show) mendapatkan tambahan 1 nomor undian

4. Setelah membeli lalu upload ke sosial media mendapatkan tambahan 1 nomor undian dengan hashtag #UmrohBersamaYamaha #Kota #TipeMotor. 

Secara total sebanyak 63 orang pemenang akan diberangkatkan pada bulan November 2018 dan Februari 2019.

Perlu diketahui, program umrah masih berjalan sampai bulan September 2018. Dengan tahap satu sudah diundi. Nantinya, akan ada pengundian tahap 2 untuk periode Juli – September 2018. Rencananya, pengundian bakal digelar pada minggu ketiga bulan Oktober 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dapat klik tautan ini.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini