Sukses

Ingin Memiliki Berat Tubuh Ideal? Lakukan 9 Kebiasaan Ini

Jangan khawatir, wujudkan berat tubuh ideal dengan sembilan hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Barangkali Anda sering mendengarkan istilah menurunkan memang lebih mudah dibandingkan dengan mempertahankan. Istilah ini memang paling cocok untuk dianalogikan demi mewujudkan berat tubuh ideal.

Sering kali terjadi ketika Anda berhasil menurunkan berat badan beberapa kilogram hanya dalam waktu yang cukup singkat, tetapi Anda akan mendapatkan berat badan kembali naik hanya dalam waktu dua atau tiga tahun berikutnya. Impian memiliki berat tubuh ideal pun menjadi sesuatu hal yang sangat sulit dilakukan.

Dilansir dari FemaleMag, ternyata kunci dalam mempertahankan berat tubuh ideal adalah memperkuat kebiasaan memilih pola makan tepat dan pola hidup sehat.

Sebuah studi terbaru menemukan, interverensi penurunan berat badan yang didasarkan pada perubahan kebiasaan sangat efektif dalam membantu menurunkan dan mempertahankannya. Dari penelitian tersebut dapat dilihat ternyata sembilan kebiasaan berikut ini sangat berpengaruh dalam proses diet seseorang.

Pola makan

Usahakan untuk makan pada waktu yang sama setiap harinya. Orang-orang yang sukses dalam menurunkan berat badan dalam jangka panjang, sangat disiplin dalam menjaga waktu makan mereka setiap harinya.

Konsumsi lemak sehat

Pilihlah lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan minyak ikan. Jangan lupa untuk menghindari konsumsi makanan cepat saji ya.

Jalan kaki

Agar berat badan tetap ideal, usahakan untuk berjalan kaki atau naik turun tangga sebanyak 10.000 langkah per hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Periksa kandungan gizi dalam makanan

Sebelum Anda membeli makanan atau cemilan yang dijual di supermarket, ada baiknya untuk memeriksa kandungan lemak, gula dan garam pada label makanan yang akan dibeli. Cobalah untuk menukar cemilan keripik dan biskuit Anda dengan aneka buah segar

Porsi makanan

Meski berat badan Anda sudah mengalami penurunan, bukan berarti Anda bebas untuk mengkonsumsi makanan apa saja apalagi dalam jumlah yang banyak. Gunakanlah piring kecil untuk makan dan cobalah meminum segelas air saat Anda merasakan lapar. Tunggu lebih kurang selama lima menit untuk memastikan apakah Anda benar-benar lapar atau tidak.

Perbanyak aktivitas

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dan tidur adalah salah satu faktor pemicu obesitas. Aturlah waktu Anda untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang membuat tubuh tetap aktif bergerak sepanjang hari.

 

3 dari 3 halaman

Minuman sehat

 

Perbanyaklah mengonsumsi air putih dan satu gelas kecil jus buah setiap harinya. Hindari konsumsi minuman manis dan bersoda.

Cara makan

Pada saat makan, lakukan gerakan makan dan mengunyah secara perlahan. Hal ini akan mengatur asupan makanan yang masuk pada tubuh.

Konsumsi sayur dan buah

Selalu konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak agar mampu menjaga berat badan tetap ideal. Selain bagus untuk diet Anda, sayuran dan buah sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung koroner.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.