Sukses

Persamaan-Perbedaan Defile Atlet Opening dan Closing Ceremony Asian Games

Berikut ini beberapa perbedaan dan persamaan defile atlet saat opening dan closing ceremony Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Setelah nyanyian Indonesia Raya dan aksi marching band, dilanjutkan dengan defile atlet seluruh negara peserta di closing ceremony Asian Games 2018. Terdapat beberapa perbedaan dan persamaan pawai kontingen di upacara pembukaan dan penutupan di SUGBK, Minggu (2/9/2018).

Sama seperti pembukaan, rombongan setiap negara diawali dengan penampilan Jember Fashion Carnaval (JFC) dengan kostum emas garuda. Garuda sebagai lambang negara yang memberikan arti kekuatan dan cahaya dari Asia.

Namun beberapa negara tidak menampilkan timnya secara lengkap. Sehingga pawai terlihat lebih sepi ketimbang pembukaan Asian Games.

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kostum Garuda Emas

Gemuruh suara langsung terdengar saat atlet Indonesia masuk ke lapangan. Seragam defile dibungkus oleh jas hujan transparan untuk melindungi dari guyuran gerimis.

Setelah para defile atlet selesai, giliran volunteer atau relawan yang masuk berlarian ke lapangan. Mereka diberikan apresiasi sebagai bagian penting penyelenggaraan pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Parade kostum ditutup dengan kehadiran tiga maskot Asian Games 2018 yang menggemaskan yaitu Bhin Bhin si Burung Cendrawasih, Atung si Rusa, dan Kaka si Badak Bercula satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.