Sukses

8 Destinasi Indonesia Tebar Pesona di Changi Airports Singapura

Wonderful Indonesia semakin intens mempromosikan pariwisata luar negeri. Kali ini, negara yang dituju adalah Singapura

Liputan6.com, Jakarta Wonderful Indonesia semakin intens mempromosikan pariwisata luar negeri. Kali ini, negara yang dituju adalah Singapura. Acara itu adalah Indonesia 'Land of Threasures Exhibition'. Kegiatan ini dilakukan di Terminal 3, Changi Airports, Singapura.

Destinasi yang diperkenalkan dalam eksibisi ini adalah Bandung, Belitung, Medan, Labuan Bajo, Lombok, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Menurut Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, format eksibisi tahun ini lebih meriah. “Tahun ini kita mengembangkan konsep atraksi yang lebih besar,” ujar Giri yang juga diamini Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh.

Eksibisi ini juga menyiapkan sejumlah kegiatan. Dan yang paling penting, ramah terhadap anak.“Anak-anak diberikan space besar. Mereka mendapatkan ruang besar untuk bermain. Kita pun menyiapkan permainan tradisional Indonesia,” paparnya.

Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, dalam kesempatan itu juga dilaunching travel ke sejumlah destinasi pilihan.

“Kita mengkampanyekan kunjungan ke 4 destinasi pilihan. Yaitu Belitung, Bandung, Medan, dan Yogyakarta. Untuk destinasi ini, airlines akan memberikan penawaran untuk periode tertentu,” jelasnya.

Di pameran tersebut Changi Airport Group (CAG) juga berkolaborasi dengan airlines yang menjadi mitranya. Antara lain Garuda Indonesia, Silk Air, Air Asia, dan Jetstar. CAG menyediakan barcode disetiap papan display destinasi yang dapat digunakan untuk pembelian tiket dengan harga discount khusus.

Ni Wayan Giri Adnyani tak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya ke Changi Airport yang telah menyediakan ruang untuk kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi pihak Otorita Bandara Changi yang menginisiasi event untuk mengekspose dan mempromosikan Indonesia destinasi wisata utama,” paparnya.

Wonderful Indonesia sendiri telah melakukan kolaborasi yang sangat baik dengan Bandara Changi sejak 2014 lalu. “Kerjasama ini sudah berlangsung 4 tahun, dan kami sangat menikmatinya,” ujarnya.

Keberadaan Bandara Changi sendiri sangat strategis bagi Indonesia. Karena menjadi hub connecting penerbangan internasional ke-13 kota di Indonesia. Atau dengan total penerbangan mencapai 521 kali perpekan. Bahkan, rute Singapura – Jakarta menjadi yang tersibuk ketiga di dunia.

“Dari sudut pandang tourism, Singapura adalah negara tetangga yang dekat dengan Indonesia. Karenanya, Singapura menjadi market prioritas bagi Indonesia,” tuturnya.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara. Dari total itu, 1,67 juta diantaranya ditargetkan berasal dari Singapura.

“Pada periode Januari hingga Juli 2018, kami sudah kedatangan 865.430 wisatawan yang datang dari Singapura. Sayang tidak ragu dengan kolaborasi ini. Dan saya yakin target bisa tercapai,” paparnya.

Menurut Ni Wayan Giri, banyaknya penerbangan ke Indonesia yang berhenti atau transit di Singapura, membuat Indonesia Land of Threasures Exhibition adalah langkah yang tepat.

“Dengan menawarkan promosi ‘all in one package’, paket ini menawarkan dwstinasi komplet. Dari rekreasi keluarga sampai pertemuan internasional, ada juga olahraga air hingga ekspedisi gunung. Dan masih banyak lagi,” terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kegiatan ini.“Singapura adalah pasar yang sangat potensial. Untuk itu harus terus kita gali. Salah satunya lewat eksibisi ini. Kita akan terus gali pasar Singapura,” katanya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini