Sukses

5 Hal yang Bisa Merusak Kesan Pertama Anda Saat Wawancara Kerja

Simak di sini beberapa hal yang ternyata bisa merusak kesan pertama Anda saat wawancara kerja, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengira bahwa wawancara kerja adalah momen yang sangat mengerikan, apakah Anda juga merupakan salah satunya? Faktanya, wawancara kerja tidak sesulit kelihatannya.

Namun, bukan berarti wawancara kerja tidak memiliki tantangan tersendiri. Dilansir dari aol.com, Rabu (5/9/2018), berikut ini adalah beberapa hal yang bisa merusak kesan pertama Anda saat wawancara kerja, penasaran apa saja?

1. Terlambat

Tidak ada alasan untuk terlambat datang wawancara kerja. Jika Anda berencana menggunakan kendaraan umum, pertimbangkan waktu tambahan untuk memungkinan penundaan yang tidak terduga, seperti macet agar tidak datang terlambat saat wawancara kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketidaksiapan dan tidak membawa apapun saat wawancara kerja

2. Ketidaksiapan

Anda harus siap untuk menjelaskan mengapa pekerjaan itu cocok dan bagaimana cara menangani situasi tertentu. Penting juga untuk Anda mempersiapkan beberapa pertanyaan tentang perusahaan dan posisi yang ditawarkan, menampilkan ketertarikan dan keseriusan saat wawancara kerja.

3. Tidak membawa apapun

Anda harus membawa salinan CV atau daftar referensi saat wawancara kerja. Mungkin tidak dibutuhkan, namun Anda akan terlihat lebih baik ketika siap dengan materi yang ada.

3 dari 3 halaman

Membahas tentang gaji dan tidak menindaklanjuti setelah wawancara kerja

4. Membahas tentang uang

Jika ini merupakan wawancara kerja pertama, bagaimanapun Anda tidak boleh membahas masalah kompensasi, kecuali jika si pewawancara menanyakannya terlebih dahulu. Akan ada waktu tersendiri berbicara tentang gaji atau uang di panggilan wawancara kerja selanjutnya.

5. Tidak menindaklanjuti

Saat wawancara kerja selesai, kirim ucapan terima kasih dalam 24 jam. Jangan hanya mengucapkan terima kasih, gunakan kesempatan ini untuk memperkuat poin apapun yang Anda perlukan, entah melalui email atau SMS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.