Sukses

Setop Lakukan 4 Kesalahan Ketika Menulis Resume untuk Melamar Kerja

Jangan lagi lakukan kesalahan ini ketika menulis resume untuk melamar kerja

Liputan6.com, Jakarta Resume menjadi medium Anda untuk mengiklankan diri ketika melamar kerja. Untuk itu, Anda harus membuat resume semenarik mungkin sehingga menarik minat perusahaan untuk merekrut Anda sebagai karyawan.

Ketika membuat resume pun ada banyak hal yang harus diperhatikan. Penggunaan bahasa hingga kejujuran untuk mengungkapkan siapa Anda dalam sebuah resume. Lembaga Kursus Bahasa Inggris British Council Indonesia Foundation pun merangkum hal-hal yang menjadi kesalahan bahkan menjadi dosa ketika menyusun sebuah resume.

1. Membuat satu resume untuk semua

Ini menjadi kesalahan terburuk ketika Anda mengirimkan satu resume yang sama ke banyak perusahaan. Anda harus melakukan personalisasi terhadap perusahaan yang Anda tuju karena menjadi bagian dari pendekatan. Pastikan kualisifikasi yang perusahaan butuhkan sesuai dengan yang Anda miliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menulis resume di banyak halaman

 

Anda bukan satu-satunya orang yang melamar di perusahaan tersebut. Tidak perlu Anda menulis resume hingga berlembar-lembar. Cukup dua halaman. Periksa apakah semua informasi yang dimasukkan sudah benar dan utamakan untuk informasi pendidian.

3 dari 3 halaman

3 Menggunakan huruf berukir

Membuat resume sangat berbeda dengan membuat blog. Anda tidak sebebas itu untuk menggunakan jenis huruf. Idealnya, Anda menggunakan jenis huruf Arial, Calibri, Garamond, atau Times New Roman dengan ukuran 12.

4. Daftar panjang pengalaman kerja

Tidak perlu menjelaskan secara detil seperti apa pekerjaan Anda di perusahaan sebelumnya. Cukup sebutkan posisi Anda secara jelas dan spesifik. Anda bisa mengaitkan pengalaman kerja dengan hal yang relevan dengan pekerjaan di tempat baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.