Sukses

7 Cara Mudah Bikin Pakaian Tidak Kusut Tanpa Setrika

Tanpa setrika, kita bisa membuat pakaian rapi dan tidak kusut dengan 7 cara ini

Liputan6.com, Jakarta Menyetrika dikenal sebagai pekerjaan yang melelahkan. Selain dibayangi pakaian setumpuk kusut ada risiko terluka karena terkena panas setrika. Namun ternyata Anda masih bisa melakukan kegiatan tersebut tanpa menggunakan setrika panas.

Mengutip dari Purewow pada Kamis (30/8/2018) terdapat tujuh cara yang bisa Anda coba untuk menyetrika pakaian tanpa perlu khawatir dengan setrika panas.

1. Cairan penghilang kerutan

Anda bisa menggunakan bahan kimia seperti cairan penghilang kerutan pada pakaian dalam keadaan darurat. Beberapa merek yang memiliki fokus pada kebersihan dan keharuman pakaian sudah merilis produk seperti ini. Anda hanya perlu menggantung pakaian pada hanger, semprotkan cairan ini, kemudian gantung pakaian hingga kering.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pelurus rambut untuk kerah

Selain menghilangkan rambut keriting, pelurus rambut bisa Anda manfaatkan untuk menyetrika kerah pakaian. Pastikan alat pelurus rambut ini cukup bersih dan diatur dengan suhu dengan sesuai dengan jenis pakaiannya.

3. Hair dryer

Siapa bilang hair dryer hanya dapat digunakan untuk pengering rambut. Anda bisa memanfaatkan hair dryer untuk menyetrika pakaian. Cukup pegang pengering rambut sekitar lima cm dari pakaian agar tidak menghanguskan kain.

4. Uapi dengan teko panas

Metode ini cukup baik dalam menghilangkan kerutan kecil. Rebus air kemudian angkat teko dan biarkan uap menghilangkan kerutan dari pakaian Anda.

3 dari 3 halaman

5. Keringkan dengan es batu

Atasi kemeja keriput dengan pengering dan es batu. Caranya, arahkan pengering rambut pada kemeja yang keriput dengan es batu di atasnya. Pengering rambut ini akan membuat es batu menjadi uap panas yang menghilangkan kerutan pada pakaian.

6. Gulung pakaian

Pada pakaian yang super-kusut Anda bisa mengakalinya dengan menggulungnya. Posisikan pakaian di atas bidang datar kemudian gulung pakaian tersebut dengan kuat. Letakkan gulungan tersebut di bawah kasur selama 15-20 menit.

7. Uap pakaian di kamar mandi

Trik ini bisa Anda gunakan ketika sedang bepergian dan tidak memiliki akses untuk perlengkapan rumah tangga, seperti setrika. Gantung pakaian di kamar mandi. Lakukan aktivitas mandi seperti biasa. Uap air yang dihasilkan ketika Anda mandi akan membuat pakaian menjadi mulus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.