Sukses

Putus Asa Atasi Insomnia? Coba Dulu 6 Latihan Ini

Simak di sini beberapa latihan untuk mengatasi masalah insomnia, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Insomnia sebenarnya hanya didasarkan pada kebiasaan tidur Anda. Kira-kira apa yang seringkali membuat tidur Anda di malam hari tidak nyenyak dan terganggu?

Untuk mengatasi masalah insomnia, mulailah dengan mengatur kebiasaan tidur. Dilansir dari self.com, Kamis (30/8/2018), berikut ini adalah beberapa latihan untuk mengatasi masalah insomnia yang Anda alami, penasaran?

1. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan berhubungan seks

Ini adalah cara untuk menjaga pikiran Anda jelas tentang fungsi tempat tidur. Jika Anda terbiasa melakukan berbagai hal di tempat tidur, tubuh akan mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada insomnia.

Jika Anda terbangun di tengah malam, bangkit dari tempat tidur selama kira-kira 20 menit. Ajarkan kepada tubuh jika tempat tidur adalah tempat untuk bangun dan tidur.

2. Pergi tidur hanya ketika lelah

Jika Anda terbangun di tengah malam, tinggalkan ruangan untuk melakukan suatu aktivitas dan kembali lagi ketika sudah merasa lelah, serta mengantuk. Namun, Anda harus tetap menjaga waktu tidur yang konsisten untuk mengatasi insomnia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meditasi dan jangan berusaha untuk tidur

3. Meditasi

Meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, namun cara terbaik untuk mengistirahatkan otak Anda setelah menjalani hari yang panjang. Anda bisa mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh santai dan tetap fokus.

4. Jangan pernah berusaha untuk tidur

Semakin Anda berusaha akan semakin sulit untuk tidur. Yang akan didapat hanyalah tubuh semakin tegang.

3 dari 3 halaman

Perhatikan waktu tidur dan bangun, serta jangan bermain ponsel

5. Pertahankan waktu tidur dan bangun yang konsisten

Menjaga waktu tidur dan bangun yang teratur setidaknya selama seminggu, jika Anda menderita insomia kronis. Jika Anda benar-benar merasa lelah karena beberapa alasan, jangan mencoba untuk tidur lebih awal, tetaplah berpegang pada waktu tidur yang biasa.

6. Jangan melihat jam atau ponsel

Jika Anda terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi, jangan mencoba melihat jam atau ponsel. Tunggu hingga sekitar 20 menit dan tetap bangun ketika Anda belum benar-benar merasa lelah dan mengantuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.