Sukses

Belajar Kepemimpinan di Perhotelan Lewat Konten Digital

Keterampilan kepemimpinan rupanya cukup penting untuk bisnis industri hotel di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan industri pariwisata yang kini banyak digalakkan tidak pernah terlepas dari industri perhotelan. Terlebih kini pertumbuhan pembangunan industri perhotelan cukup tinggi. Untuk itu, sebagai media yang berbasis pendidikan di bidang perhotelan melengkapi konten belajarnya khusus untuk industri pariwisata dan perhotelan.

Konten yang digunakan AJAR.id ini diambil dari TAFE Queensland, sebuah universitas terkemuka di Australia dengan standar kompetensi tingkat ASEAN. Melengkapi kontennya, kini AJAR.id telah melakukan kerja sama dengan Entertraining yang berkiprah dalam industri pelatihan bidang perhotelan. Pelatihan ini nantinya akan fokus di bidang pelayanan dan kepemimpinan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus pelatihan

Fokus dari kerja sama ini sendiri sebenarnya adalah pengembangan konten belajar kepemimpinan dan manajemen. Fokus ini masih dibagi dalam empat seri yang terdiri dari fundamental leadership, leadership communication skill, coaching & counselling, dan time management & delegation skill.

Semua koentn ini akan dikemas dalam sajian yang menarik berupa kombinasi video, web interaktif, dan penugasan. Sehingga proses belajar mengajar dapat lebih mudah untuk dipahami dan diterapkan. Kebutuhan akan pelatihan ini telah dipetakan berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan.

Terbukti bahwa tingkat kualitas pelayanan hanya sebesar 45 persen dari yang ditargetkan 80 persen, jika mengacu pada standar kompetensi ASEAN. Hasil inipun menjadi potret dari kualitas kepemimpinan di hotel di empat kota besar di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Diperlukan keterampilan memimpin yang baik

“Kerjasama ini mencakup 4 pengembangan modul yang akan ditargetkan selesai hingga akhir tahun 2018 dengan kemasan yang berbeda dan akan siap diluncurkan pada Q1, 2019," ujar Ikin Solikin selaku Chairman of AJAR.id.

Sementara Iwan Setiawan sebagai Managing Director dari Entertraining menuturkan bahwa pertumbuhan hotel yang kian tinggi harus dibarengi dengan keterampilan memimpin yang baik. Jika tidak, akan menjadi ancaman tersendiri bagi industri perhotelan di tanah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.