Sukses

Tips Aman Traveling Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil juga bisa traveling dengan aman, lho. Baca di sini caranya!

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil dalam praktik maupun teorinya memiliki tugas yang sangat menantang untuk menjaga diri dan bayinya tetap aman. Perlindungan ekstra tersebut dilakukan secara kontinu di manapun dan dalam kondisi apapun.

Tidak terkecuali pada saat traveling. Dalam satu waktu, ibu hamil harus mampu melindungi kandungannya sembari menikmati pemandangan sekitar. Pekerjaan tersebut tentu tidaklah mudah. Mereka harus berhati-hati dua kali lipat lebih keras dibandingkan biasanya. Di beberapa daerah bahkan menyarankan agar ibu hamil menunda perjalanan tersebut sampai ia melahirkan, karena sudah banyak kasus yang menunjukkan bahwa ibu hamil sangat rentan terhadap bahaya.

Oleh karena itu, dalam rangka menjawab kegelisahan para ibu hamil tersebut, berikut ini kami hadirkan beberapa panduan yang dapat dicoba ibu hamil ketika sedang traveling agar tetap aman dan nyaman.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini tips agar traveling aman bagi ibu hamil

Melansir dari thisisinsider.com, Jumat (24/8/2018), berikut ini pemaparannya.

1. Minum air putih

Minum air putih ketika traveling mungkin tampak sepele. Akan tetapi, air putih adalah salah satu nutrisi paling penting yang bahkan harusnya dikonsumsi lebih banyak ketika Anda hamil. Dalam hal ini, mungkin air tidak mampu menggantikan makanan, tetapi cukup efektif untuk mencegah kelaparan.

2. Makan sebelum traveling

Sebelum pergi traveling, alangkah baiknya bila Anda makan terlebih dahulu. Anda bisa mencoba sepotong roti panggang gandum dengan selai kacang, semangkuk sereal dan buah, atau oatmeal dengan buah dan segelas susu.

"Kombinasi ini akan membantu Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda tidak memberikan pilihan yang kurang bergizi di sekitar Anda," papar Lauren Schmitt, ahli diet di Los Angeles.

3 dari 3 halaman

Jangan sampai kelaparan

3. Membawa cemilan

Anda dapat membawa cemilan sendiri dari rumah. Selain lebih hemat, juga dapat menjadi solusi apabila tiba-tiba merasa lapar. Adapun jenis cemilan yang dapat Anda coba menurut Schmitt adalah muffin, apel, dan sepaket selai kacang.

4. Membawa bekal makan siang

Jangan malu untuk membawa bekal makan siang sendiri selama traveling. Hal ini dilakukan untuk memastikan Anda dan bayi tidak kelaparan, mengingat di lokasi tujuan belum tentu ada tempat makan yang mudah dijangkau serta sesuai dengan selera Anda.

5. Jangan sampai kelaparan

Tidak hanya bertanggung jawab terhadap diri sendiri, kini Anda juga bertanggung jawab terhadap nyawa yang ada di kandungan. Oleh karena itu, jangan sampai merasa kelaparan ketika traveling karena hal tersebut dapat membuat Anda melakukan keputusan yang kurang baik dan ceroboh. (Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini