Sukses

Anda Dilarang Melakukan Hal Lain Saat Belanja, Mengapa?

Mengapa Anda tidak boleh multitasking saat sedang belanja? Simak di sini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda sering kesulitan membuat keputusan yang tepat saat belanja? Jika iya, usahakan untuk menyingkirkan ponsel dan gangguan lainnya saat belanja.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Retailing, masih banyak orang melakukan banyak hal selagi belanja dan hal tersebut membuat mereka kurang berhasil dalam menemukan dan membeli apa yang dicari. Selain itu, orang-orang ini bahkan tidak menyadari bahwa proses belanja mereka terganggu.

Penelitian ini melibatkan 119 peserta yang diminta mengunjungi toko kelontong dan belanja saus pasta guna untuk seorang teman yang akan datang berkunjung guna makan malam. Dilansir dari realsimple.com, Sabtu (25/8/2018), para peserta diberitahu untuk belanja saus yang rendah kalori karena teman tersebut sedang diet.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Multitasking saat belanja membuat Anda stres

Para peneliti memberikan dua skenario yang berbeda kepada peseta untuk meminta beberapa orang mempertimbangkan mengapa mereka harus mengerjakan hal tersebut dan beberapa orang lainnya mempertimbangkan bagaimana mereka akan melakukannya. Hasilnya, para peseta yang memiliki pola pikir bagaimana tidak terpengaruh secara signifikan dalam melaksanakan tugasnya.

Sedangkan peserta lainnya yang berada dalam pola pikir mengapa cenderung memiliki kinerja yang buruk. Mengapa?

3 dari 3 halaman

Stres saat belanja cenderung membuat Anda mengambil keputusan yang buruka

Pola pikir mengapa membutuhkan lebih banyak sumber daya kognitif dan analisis internal daripada pola pikir bagaimana, sehingga tidak heran jika hal tersebut dapat meningkatkan stres dan menghasilkan keputusan yang buruk. Penemuan ini tidak lantas menyatakan bahwa semua multitasking itu buruk, namun selalu usahakan untuk melakukan satu tugas saja di satu waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.