Sukses

Interaksi Seru dengan Manatee, si Hewan Besar dari Amerika

?Bagaimana sensasi memberi makan hewan meggemaskan seperti manatee?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pergi ke kebun binatang bersama kerabat ataupun keluarga, pernahkah Anda membayangkan untuk berinteraksi dengan hewan-hewan di sana? Salah satu interaksi yang bisa Anda coba adalah dengan memberi mereka di jam-jam tertentu.

Tak hanya di kebun binatang di Indonesia, di Singapura, tepatnya di River Safari, Anda pun bisa menikmati sensasi berinteraksi dengan banyak hewan. Salah satu interaksi serunya adalah memberikan manatee.

Ya, Manatee. Pernah dengar? Hewan yang tergolong dalam kategori dugong ini menjadi salah satu koleksi hewan yang menggemaskan di River Safari. Kolam seluas 4 X 22 meter mampu menampung 12 manatee dan beberapa hewan besar lainnya seperti arapaima.

Apa bedanya dengan dugong? Secara ukuran memang tidak ada perbedaan yang signifikan. Perbedaan sendiri terletak pada bentuk ekor. Di mana dugong memiliki ekor yang melengkung ke dalam. Sementara, manatee memiliki ekor yang melengkung ke luar sehingga mirip dengan dayung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberi makan favorit

Tak hanya sekadar melihat mereka dari balik dinding kaca kolam. Andapun bisa memberi para manatee makanan favoritnya dengan membayar 118 dollar Singapura atau sekitar Rp 1,1 juta untuk orang dewasa dan 72 dollar Singapura atau sekitar Rp 720 ribu untuk anak-anak pada pukul 9.30-11.30.

Tim Liputan6.com pun berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para manatee lucu ini. Ketika berkunjung, seekor manatee betina bernama Canola sedang merayakan ulang tahunnya yang keempat. Untuk itu, para aquatis pun merayakan hari ulang tahun Canola dengan memberinya makanan favorit berupa pelet.

Kolam ini sendiri termasuk ke dalam Amazon Flooded Forest yang menampung tujuh ekor jantan dan lima ekor betina manatee. Dari sekian banyak manatee yang dipelihara di tempat ini, Pedro menjadi yang tertua dengan usia sekitar 39 tahun. Sedangkan manatee terbesar adalah betina bernama Ifa dengan berat lebih dari 2 ton.

3 dari 3 halaman

Tingkah hewan yang menggemaskan

Sehari-hari, para manatee ini membutuhkan sekitar 200 kg rumput untuk pakan mereka. Pakan ini ditambah dengan kubis, pok coi, daun kelete, daun pisang, serta pelet. Daun pisang sendiri diberikan karena mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh para manatee. Sedangkan pelet, menjadi makanan favorit bagi para manatee karena mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Ketika Anda memberikan manatee ini makan, Anda akan melihat keunikan karakter dari para manatee. Ifa misalnya. Ia akan terus mengangkat mulutnya ke atas untuk meminta makan dan memudahkan dirinya menangkap pakan. Sedangkan Lala, selalu berusaha mencari perhatian para aquatis dan pengunjung yang memberinya makan.

Para manatee inipun dilatih untuk mampu berinteraksi dengan manusia. Jika Anda menggelitik badannya di bagian samping, ia akan membalikkan badannya. Sedangkan jika Anda mengangkat tangan di depan wajahnya menandakan bahwa makanan sudah habis. Lucu ya tingkah hewan yang menggemaskan ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.