Karya Seniman Indonesia dalam Energi Seni Meriahkan Asian Games 2018

Oleh Meita Fajriana pada 21 Agu 2018, 13:30 WIB
Pameran Energi Seni untuk Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Olahraga dan seni memiliki kesamaan, yaitu menjadi wadah untuk menggemakan nama Indonesia di kancah internasioal. Pada momen perayaan Asian Games 2018, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Hal ini dijadikan momen tepat untuk memperkenalkan kepada dunia, kekayaan yang dimiliki oleh indonesia, salah satunya karya-karya para seniman yang indah.

Berangkat dari latarbelakang inilah, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia ikut merayakan momen ini dengan menggali citra seni dan budaya Indonesia. Sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan menyambut perhelatan Asian Games ke-18, untuk kedua kalinya Plaza Indonesia mempersembahkan Energi Seni Fine Art Exhibition. 

Pameran seni rupa Energi Seni Fine Art Exhibition merupakan kerja sama antara Plaza Indonesia dengan Talenta Organizer, yang menampilkan lebih dari 40 karya seni dari 18 seniman Indonesia lintas generasi dan lintas aliran yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Para seniman yang terlibat akan menampilkan karya-karya terbaru mereka untuk pertama kalinya dalam berbagai konsep dan filosofi. Karya yang dipamerkan terdiri dari lukisan, patung, instalasi, dan juga pertujukan seni yang bisa dinikmati selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung.

“Plaza Indonesia bangga dapat menyelenggarakan kembali pameran seni rupa ini yang menampilkan karya seniman dari berbagai aliran seni yang berbeda. Melalui kegiatan ini, kami ingin terciptanya komunikasi antara seniman dengan pengunjung, serta membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap seni. Ini juga sejalan dengan tema yang kami usung yaitu Energi Seni menyambut Asian Games 2018," kata Zamri Mamat General Manager Marketing Plaza Indonesia pada Rabu (15/8/2018).

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 of 3

Karya indah 18 seniman di pameran Energi Seni

Pameran Energi Seni untuk Asian Games 2018
Berikut indahnya karya-karya seniman Indonesia dalam pameran Energi Seni untuk sambut Asian Games 2018. (Foto: Dok. Energi Seni)

Mengusung tema Energi Seni, pada pameran ini Plaza Indonesia tidak saja menampilkan keindahan dari setiap karya, tetapi yang lebih utama adalah bagaimana karya-karya tersebut dapat mentransfer energi kepada seluruh penikmat seni. Energi tersebut dapat memunculkan sebuah wawasan, pengetahuan, emosi, dan cinta, hingga sebuah pengharapan.

“Sebagai kurator pada pameran ini, saya melihat bahwa energi positif itu datangnya dari sebuah karya seni yang memesona secara visual. Energi positif inilah yang pada akhirnya memiliki peran untuk membangun komunikasi antar sesama di tengah berbagai polemik baik dari politik, ras, atau agama," kata Suwarno Wisetrotomo kurator Energi Seni Fine Art Exhibition.

Partisipasi seniman yang terlibat dipilih melalui seleksi dan disaring berdasarkan aspek-aspek yang telah ditetapkan, 18 seniman tersebut adalah Afdhal, Agus Kamaloedin, Andrik Musfauri, Bambang Heras, Butet Kartaredjasa, Djoko Pekik, Erianto, Erica Hestuwahyuni, Gunawan Bonaventura, Heri Dono, Indra Dodi, Ma Rozik, Masagoen, Ong Hari Wahyu, Putu Sutawijaya Rato Tanggela, Tempa, dan Umbu LP Tanggela.

 

3 of 3

Seniman yang terlibat di pameran Energi Seni

Pameran Energi Seni untuk Asian Games 2018
Berikut indahnya karya-karya seniman Indonesia dalam pameran Energi Seni untuk sambut Asian Games 2018. (Foto: Dok. Energi Seni)

Setiap seniman hadir dengan cerita dan karakter seni yang berbeda, seperti misalnya Seperti Djoko Pekik melalui lukisannya mencoba untuk memperlihatkan kondisi sosial-politik yang penuh ketegangan secara kritis, Ong Hari Wahyu menyuarakan perkara sosial politik dengan visualisasi digital dan tradisional. Berbeda lagi dengan Erianto yang cendrung membahas isu-isu dengan cara santai.

“Kami berharap melalui berbagai kurasi karya seni dan agenda edukasi yang dihadirkan ini, bangsa Indonesia dan khususnya pengunjung Plaza Indonesia dapat turut merasakan energi dan semangat berkarya agar dapat terus menyebarkan energi-energi positif untuk kemajuan bangsa” tutup Zamri Mamat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by