Momen Terharu Paskibraka Saat Didandani Jelang Upacara HUT ke-73 RI

Oleh Annissa Wulan pada 17 Agu 2018, 10:05 WIB
2 Minggu Sebelum HUT RI Ke 73, Ini Proses Perawatan Kulit dan Makeup Paskibraka

Liputan6.com, Jakarta Paskibraka atau pasukan pengibar bendera pusaka menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di HUT ke-73 RI di Istana Merdeka setiap 17 Agustus. Sebanyak 68 Paskibraka terpilih mengikuti upacara bersama Presiden RI Jokowi. 

Nusa terpilih menjadi kelompok Paskibraka yang terpilih bertugas mengibarkan bendera. Pengerek bendera, Sang Putu Hendra Aditya Jyoti dari Bali, pembentang, Babogi Ikalawang, Paskibraka asal Bengkulu, dan pembawa baki, Tarissa Maharani Dewi, dari Jawa Barat.

Untuk bisa tampil prima saat bertugas di Hari Kemerdekaan, Paskibraka tidak hanya mendapatkan pelatihan fisik, namun juga merawat kulit setelah sepanjang hari berada di luar ruangan. Sariayu Martha Tilaar telah menjadi teman setia Paskibraka dalam hal kecantikan selama 32 tahun.

Semalam, Tim Liputan6.com berkesempatan melakukan wawancara melalui telepon dengan Brand Support Sariayu Martha Tilaar Vonny Rosemerry. Vonny sendiri telah bertugas selama delapan tahun menemani Paskibraka.

Vonny menjelaskan Paskibraka merupakan bagian penting untuk pengibaran bendera pusaka Indonesia. Maka sejak awal, pemerintah mengutamakan produk lokal dan Sariayu merupakan  label yang telah berdiri sejak lama. Vonny juga bercerita proses perawatan kulit hingga makeup Paskibraka dibagi menjadi beberapa tahap.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 of 3

Paskibraka Putera dan Putri Lakukan Perawatan

2 Minggu Sebelum HUT RI Ke 73, Ini Proses Perawatan Kulit dan Makeup Paskibraka
Berikut ini adalah wawancara eksklusif Tim Liputan6.com dengan Sariayu Martha Tilaar mengenai proses perawatan kulit dan makeup Paskibraka menjelang HUT RI ke 73.

Dua minggu sebelumnya, Sariayu mengadakan pelatihan perawatan kulit dan makeup yang diadakan satu kali dalam seminggu. Untuk Paskibraka putera, Sariayu memberikan pelatihan bagaimana cara merawat kulit, sedangkan Paskibraka puteri mendapatkan pelatihan perawatan kulit dan makeup.

Selanjutnya, Paskibraka harus memotong rambut mereka sesuai dengan standar yang telah ditentukan. "Proses pemotongan rambut seringkali jadi momen haru. Mereka harus merelakan rambut yang telah mereka rawat selama ini untuk menjalankan tugas negara," ujar Vonny Rosemerry.

3 of 3

Persiapan Makeup di Istana Negara

2 Minggu Sebelum HUT RI Ke 73, Ini Proses Perawatan Kulit dan Makeup Paskibraka
Berikut ini adalah wawancara eksklusif Tim Liputan6.com dengan Sariayu Martha Tilaar mengenai proses perawatan kulit dan makeup Paskibraka menjelang HUT RI ke 73.

Di hari pengukuhan, Ibu Martha Tilaar biasanya diundang untuk bersantap di Istana Negara. Tadi malam, tim makeup dari Sariayu Martha Tilaar telah bersiap di penginapan yang terletak di belakang istana.

Proses makeup dimulai pada pukul 2 pagi dengan 24 orang dari Sariayu. Terdiri dari 4 orang Supervisor, 10 orang makeup artist, dan 10 orang penata rambut. Vonny juga mengakui bahwa masalah utama yang dialami oleh Paskibraka adalah kulit yang terbakar matahari.

"Fokus utama dari perawatan kulit yang dilakukan adalah melembapkan," tutupnya. 

Lanjutkan Membaca ↓