Sukses

Teman Bumil Aplikasi Solutif Bagi Para Ibu

Teman Bumil menjadi terobosan terbaru bagi para ibu untuk mengontrol tumbuh kembang bayi.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Oleh karena itu, diperlukan perjuangan ekstra demi memastikan si buah hati dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Utamanya pada 1.000 hari pertama anak yang merupakan masa golden age, yakni masa paling penting dalam perkembangan anak. Perhitungan 1.000 hari pertama tersebut tidak dimulai setelah sang anak lahir, melainkan sejak dalam kandungan ibu hingga usia dua tahun.

Menurut dr. Margaretha Komalasari, Sp.A. dari Brawijaya Woman & Children Hospital, masa keemasan tersebut tidak boleh mengalami gangguan atau hambatan apapun dalam prosesnya. Sebab, kesalahan yang dilakukan pada masa ini bersifat irreversible, sesuatu yang tidak dapat diperbaiki lagi di kemudian hari. Dengan demikian, ibu harus memberikan usaha maksimal demi membantu anak mencapai perkembangannya yang paling maksimal. Mulai dari kontrol rutin ke dokter, memberikan makanan bergizi seimbang, memberikan stimulasi dan lain sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Indonesia masih tinggi gangguan tumbuh kembangnya

Namun, hasil penelitian melaporkan bahwa anak Indonesia yang mengalami gangguan tumbuh kembang masih cukup tinggi. Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan bahwa angka kejadian anak pendek akibat masalah gizi di Indonesia mencapai 37,2 persen. Keadaan tersebut kemudian diperparah dengan kecenderungan para orangtua yang kurang telaten menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS). Kartu tersebut sering hilang sehingga memperbesar celah untuk melewatkan jadwal imunisasi si kecil.

Oleh karena itu, Teman Bumil sebagai aplikasi pengingat serbaguna ibu menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi semua permasalahan di atas. Aplikasi yang awalnya hanya mengakomodasi kebutuhan para ibu hamil tersebut, kini memperluas cakupan fiturnya ke arah tumbuh kembang anak hingga usia dua tahun.

3 dari 3 halaman

Fitur-fitur Teman Bumil Tumbuh-Kembang

Adapun fitur yang terdapat di Teman Bumil Tumbuh-Kembang tersebut meliputi fitur Checklist, yang berisi tentang hal-hal apa saja yang dapat ibu lakukan setelah melahirkan dan jadwal vaksinasi si kecil. Kemudian ada fitur Grafik si Kecil yang dapat Ibu gunakan untuk memantau pertumbuhan si kecil dalam bentuk grafik dan data tersebut juga dapat ibu tunjukkan tiap kali kunjungan rutin ke dokter.

Ada juga Album, sebuah fitur yang dapat ibu gunakan untuk menyimpan semua foto dan kenangan tumbuh kembang di kecil. Kemudian ada Artikel & Tips, fitur yang memberikan para ibu informasi menarik dan terpercaya mengenai si kecil.

Anda dapat menggunakan fitur Agenda untuk mengingat seluruh jadwal ibu selama 1.000 hari pertama. Ibu hanya perlu menginput to do list per hari dan Teman Bumil akan menjadi asisten yang mengirimkan pengingat kepada ibu. Dan yang terakhir, ada fitur forum yang dapat ibu gunakan untuk sharing dan berbagi berita dengan para ibu lain.

Teman Bumil merupakan sebuah terobosan baru yang sangat didukung oleh para dokter untuk membantu mendukung tumbuh kembang bayi. Sandra Dewi, selaku Brand Ambassador Teman Bumil sekaligus ibu satu anak ini juga sangat setuju untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk memantau perkembangan putranya. "Saya rutin memantau tumbuh kembang Rafa dengan Teman Bumil. Mudah dan praktis karena hanya menggunakan ponsel." Ujarnya saat ditemui di XXI Club Djakarta Theater, Rabu (15/8/2018).

(Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini