Sukses

Jangan Percaya, Ini 5 Mitos Memasak yang Ternyata Menyesatkan

Kebutuhan manusia akan kuliner membuat muncul lebih banyak lagi inovasi dalam memasak. Tapi di baliknya juga banyak mitos menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta Memasak adalah kegiatan harian yang dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia. Kebutuhan makan manusia yang sangat banyak mengharuskan banyak pihak untuk selalu berinovasi dalam menciptakan hidangan yang berkualitas. Namun, di tengah proses memasak tersebut, berkembang banyak mitos-mitos palsu yang menyesatkan masyarakat. Melansir dari lovefood.com, Rabu (8/8/2018), berikut adalah pemaparan dalam memasak untuk Anda.

1. Garam dapat membuat air mendidih lebih cepat

Penambahan garam ke dalam masakan hanya akan memberikan sensasi rasa yang nikmat, bukan untuk membuat air mendidih lebih cepat.

2. Telur dan susu dingin membuat roti lebih enak

Produk-produk yang terdapat di lemari pendingin memang terlihat lebih segar. Bahkan banyak yang percaya hal tersebut dapat membuat roti yang enak. Padahal, faktanya memasak dengan bahan-bahan yang dingin dapat membuat roti menjadi bantat. Anda hanya perlu menghangatkan bahan-bahan tersebut dalam rentang antara 30-60 menit dengan suhu kamar, untuk menghasilkan roti yang lembut dan lebih ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghangatkan kembali sisa nasi tetap aman~

3. Menghangatkan ulang nasi tidak sehat

Makanan pokok Indonesia yang satu ini dilaporkan tidak baik untuk dipanaskan ulang. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri ketika nasi tersebut masih banyak tersisa. Menjawab pertanyaan tersebut, Lovefood.com menegaskan bahwa ternyata memanaskan ulang nasi tetap aman dilakukan, dengan catatan tidak lebih dari satu kali.

4. Jahe harus dikupas

Dibandingkan dikupas, kulit jahe lebih tepat untuk dikeruk dengan menggunakan sendok. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan daging jahe terlalu banyak.

5. Ayam harus dibilas sebelum dimasak

Membilas ayam dengan air sebelum dimasak tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kebersihannya. Sebab, dengan memasak sudah mampu membunuh seluruh bakteri yang ada. (Kiki Novilia)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • masak

  • Kuliner