Sukses

Tidak Perlu Takut, Begini Cara Menangkan Hati Dosen

Liputan6.com, Jakarta Tinggal hitungan hari lagi, seluruh mahasiswa se-Indonesia akan kembali aktif perkuliahan. Semangat di awal semester ganjil ini berada dalam tingkatan paling tinggi. Terlebih pada mahasiswa baru yang sudah tidak sabar ingin merasakan bagaimana keseruan kuliah. Banyak dari mereka yang mencari tahu seluk-beluk kuliah mulai dari mata kuliah, tipe dosen, sistem kredit semester dan lain-lain dari para kakak tingkat. Dari sekian banyak bahasn tersebut, yang paling sering ditanyakan adalah soal dosen. Bayangan dosen killer berhasil membuat mereka bergidik ngeri. Namun, bilapun demikian, berikut ini kami hadirkan beberapa cara untuk memenangkan hati dosen jenis tersebut.

1. Fokus di kelas

Semua dosen termasuk dosen killer akan sangat mengapresiasi mahasiswa yang fokus selama perkuliahan. Mereka akan merasa dihormati hak nya sebagai dosen yang memberikan materi kepada para mahasiswa. Pastikan tidak ada ponsel di tangan, mengobrol dengan teman sebelah atau sibuk sendiri selama perkuliahan berlangsung apabila Anda benar-benar ingin memenangkan hati mereka.

2. Disiplin

Datang tepat waktu, berpakaian yang pantas, patuh terhadap semua peraturan dan mengumpulkan tugas tepat waktu sudah cukup membuat dosen berlaku lembut kepada Anda. Kebanyakan dosen killer memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, sehingga tidak jarang ia juga akan menerapkan standarnya tersebut kepada mahasiswanya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anda sopan, dosen pun segan

3. Sopan

Rangkai kalimat yang sopan ketika akan berbicara atau mengirimkan pesan kepada dosen. Jangan lupa untuk mengecek ulang guna memastikan tidak ada kalimat yang salah ketik atau kurang pantas. Sebab, pilihan kata yang digunakan akan mencerminkan jati diri Anda.

4. Tahu waktu

Kebanyakan mahasiswa masuk dan keluar ruangan dosen secara sembarangan tanpa membuat janji terlebih dahulu. Dosen juga memiliki kepentingan yang harus ia lakukan tanpa ada gangguan dari mahasiswanya. Oleh karena itu, penting untuk menghormati waktu yang dimiliki oleh dosen agar mereka dapat kembali menghormati kedewasaan Anda.

5. Cerdas

Dosen mana yang tidak suka berdiskusi dengan mahasiswa cerdas? Meskipun hal ini sulit untuk dilakukan dalam sekejap, maka Anda dapat membaca-baca topik tertentu sebelum berdiskusi dengan mereka. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terlihat terlalu bodoh polos yang tidak mengerti apa-apa. (Kiki Novilia)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.