Sukses

Belajar Menjadi Hotelier Makin Seru dengan Hadirnya Situs Ajar.id

Situs ini memungkinkan semua orang belajar dan mengetahui lebih jauh tentang profesi hotelier dan semua seluk-beluk industri hotel dan pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta Stakeholder pariwisata dan orang-orang yang bergiat di industri perhotelan kini patut gembira. Pasalnya hari ini baru saja diluncurkan (soft launching) situs hotelier yang mengupas tentang seluk-beluk industri perhotelan, termasuk modul sertifikasi yang dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan video. Situs yang awalnya bernama hotelier.co.id kini berubah menjadi lebih fresh dengan nama ajar.id.

Ikin Solikin, Chairman of Ajar saat soft launching ajar.id di salah satu hotel di Jakarta kepada Liputan6.com, Rabu (8/8/2018) mengatakan, tujuh hari lagi situs hotelier.co.id akan berubah menjadi ajar.id.

“Di hotelier.co.id itu sendiri user base kita per hari yang mengakses itu sudah ada 1.500 sampai 2.000 user. Target kita ke depan enggak muluk-muluk, ajar.id bisa dapat 5.000 user saja. Yang penting mereka di sini bisa belajar, terinspirasi, dan dengan sendirinya nanti bisa bertambah,” ungkap Ikin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri Hotel dan Pariwisata Harus Berdaya Saing

Lebih jauh Ikin mengatakan, situs ajar menjadi sangat penting untuk menyongsong bonus demografi, dengan usia produktif Indonesia yang mencapai 70 persen. Dengan situs ini, industri perhotelan dan pariwisata khususnya bisa menciptakan daya saing dan menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan yang tersertifikasi dan berstandar internasional.

Senada dengan apa yang diutarakan Sumarna Abdurrahman, Chairman of Tourism Professional Certification Board of Indonesia. Sumarna mengatakan dari total angkatan kerja 130 juta orang di Indonesia, baru 3,4 juta orang yang baru mendapatkan sertifikasi.

“Itu artinya hanya 2 persen, dari segi rasio masih kurang. Kita sekarang bersama BNSP sedang mencanangkan program percepatan sertifikasi. Tak hanya sosialisasi bahkan juga disediakan dana, sehingga banyak orang bisa mendapatkan sertifikasi dengan gratis. Hadirnya Ajar diharapkan membantu para hotelier mendapatkan sertifikasi,” ungkap Sumarna.

 

3 dari 3 halaman

Banyak Info Menarik

Di situs ajar.id sendiri semua orang bisa mengakses beragam modul, mulai dari praktik pelayanan hotel, artikel menarik, hingga deretan video yang sangat berguna bagi para hotelier, maupun masyarakat pada umumnya yang berkecimpung di industri hospitality.

“Mudah-mudahan Ajar bisa memberikan manfaat. Tujuan utama kita itu, artinya kita memupuk mereka yang baru berkarier di hotel itu untuk tumbuh, termasuk knowladge dan karier, sehingga ke depan industri hotel ini akan menjadi lebih baik. Bisnis jadi baik, akhirnya sistem, tidak ada orang yang dirugikan,” ungkap Ikin menambahkan.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.