Sukses

5 Fakta Menarik Menyusui yang Belum Anda Ketahui

Berikut ini fakta menyusui yang jarang diketahui orang, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Bertepatan dengan World Breastfeeding Week 2018 yang di selenggarakan sejak tanggal 1 sampai 8 Agustus, topik menyusui kian menghangat. Menyusui yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu ini memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Melansir dari thestir.cafemom.com, Selasa (7/8/2018), berikut ini adalah beberapa fakta unik yang berkaitan dengan kegiatan menyusui.

1. Bayi laki-laki lebih membutuhkan air susu ibu

Berdasarkan hasil penelitian Western Australian Pregnancy Cohort, terdapat hubungan antara durasi menyusui dengan kesuksesan akademik. Mereka mengemukakan bayi laki-laki yang disusui selama enam bulan atau lebih, memiliki peluang kesuksesan akademik lebih tinggi di kemudian hari.

Mereka akan lebih kompeten dalam bidang matematika, membaca, mengeja, dan menulis karena air susu ibunya. Hal ini berbeda dengan bayi perempuan yang biasanya menunjukkan dampak yang lebih kecil.

2. Berhubungan pada masa menyusui dapat berpotensi untuk hamil anak kembar

Kemungkinan untuk dapat hamil selama masa menyusui memang rendah. Namun, apabila itu terjadi, maka peluang untuk hamil anak kembar akan lebih besar. Penelitian di Journal of Reproductive Medicine melaporkan peluang yang dimiliki oleh ibu menyusui untuk mendapatkan anak kembar mencapai sembilan kali lebih besar dibandingkan ibu yang tidak menyusui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini dia fakta tersembunyi menyusui

3. Payudara kanan menghasilkan susu lebih banyak

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di University of Western Australia, 76 persen air susu ibu terdapat di payudara sebelah kanan. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa payudara sebelah kanan cenderung lebih besar dibanding sebelah kiri.

4. Air susu dari ibu bayi laki-laki lebih banyak

Ibu dari bayi laki-laki memproduksi 300 gram susu lebih banyak dibandingkan dengan ibu dari bayi perempuan. Kebutuhan air susu pada bayi laki-laki memang lebih banyak. Mereka tidak menyusu lebih sering atau lebih lama, tetapi mengonsumsinya lebih banyak.

5. Ibu menyusui mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak

Seperti yang kita ketahui, ibu yang memiliki bayi memang memiliki waktu tidur yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan kebutuhan si kecil yang kadang tidak mengenal waktu. Entah pagi, siang, sore, dan bahkan malam, ibu harus selalu siap sedia memenuhi kebutuhan mereka. Namun, para dokter di University of California di San Francisco menemukanibu menyusui ternyata mendapatkan 40 hingga 45 menit tidur per malam dibandingkan ibu yang tidak menyusui.

6. Memudahkan bayi mengenali ibunya

Sekelompok peneliti di Karolinska Institute di Stockholm, Swedia menemukan bayi dapat dengan mudah mengidentifikasi ibunya dengan bau ASI. Mereka mengenali ibunya berdasarkan bau fluida. Selain itu, studi ini juga menemukan benjolan kecil di sekitar puting ibu melepaskan cairan yang berbau sangat mirip cairan ketuban. Hal ini mengingatkan bayi dengan kondisi di dalam kandungan ibu, sehingga mereka dapat langsung mengenali bau yang familiar tersebut dan merasa nyaman. (Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.