Sukses

Memiliki Segudang Manfaat, Ini Cara Tepat Memilih Kayu Manis

Kayu manis tidak diciptakan dengan kualitas setara. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan yang paling berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Kayu manis adalah rempah yang tumbuh di berbagai negara seperti India, Sri Lanka, Indonesia, Brasil, Vietnam, dan Mesir. Dari seluruh negara tersebut, Indonesia menyumbang 80 sampai 85 persen kayu manis dengan kualitas yang tidak tertandingi dan persentase minyak yang tinggi, demikian dilansir dari www.rainforest-alliance.org,

Manfaat yang diberikan oleh rempah yang satu ini tidak main-main. Mulai dari penyedap masakan, pengharum ruangan, bahan untuk menjaga kecantikan, menjaga fungsi otak, melawan diabetes, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan gigi dan hati serta segudang manfaat lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini cara mudah memilih kayu manis berkualitas

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kayu manis berkualitas. Penasaran bagaimana caranya? Simak pemaparannya berikut ini:

1. Warna

Kayu manis di Indonesia memiliki warna yang beragam. Ada yang berwarna kuning kemerahan, coklat kemerahan dan coklat pucat. Obbie Purnama Adjie, pemilik Inkadaka Food and Beverage sebuah perusahaan pengolah dan penjual kayu manis mengatakan bahwa kayu manis yang paling baik memiliki warna kuning kemerahan. Sebab, kandungan minyaknya lebih banyak dan aromanya lebih semerbak. Kayu manis jenis ini merupakan hasil produk Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat dan Jambi.

2. Aroma

Pilihlah kayu manis dengan aroma yang masih segar, manis dan sedikit pedas.

3. Kegunaan

Terdapat dua bentuk kayu manis yang sering dijumpai di pasaran, yaitu batangan dan bubuk. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mengetahui alasan penggunaannya. Apabila hanya digunakan untuk keperluan memasak, maka kayu manis bubuk dapat mengakomodasinya. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti hiasan, pengharum ruangan dan berbagai kebutuhan lainnya, maka kayu manis batang menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, kayu manis batang juga memiliki aroma kuat dan kualitas yang lebih baik dibandingkan yang bubuk. 

3 dari 3 halaman

Begini cara mudah memilih kayu manis berkualitas

4. Perhatikan kondisi fisiknya

Kayu manis tidak terlepas dari risiko berjamur. Hal ini dapat terjadi apabila dalam proses pengolahannya dilakukan dengan kurang baik. Jamur pada kayu manis berwarna abu-abu dan menempel di kulit permukaan.

5. Bentuk gulungan

"Kulit kayu manis yang sebelumnya sudah dikikis akan menggulung seperti astor. Semakin tipis kulit kayu manis, maka akan semakin sempurna gulungannya." pungkas Obbie. Gulungan yang paling sempurna adalah gulungannya ganda dan berdiameter maksimal 1,8 cm. Jenis inilah yang sering disebut sebagai produk jenis AA, yaitu produk paling baik di kelasnya.

(Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini