Sukses

Wanita Bayar Lebih Mahal untuk 8 Barang dan Jasa Ini Ketimbang Pria

Apakah Anda menyadari jika harus membayar lebih mahal daripada pria untuk harga barang dan jasa ini?

Liputan6.com, Jakarta Di luar diskusi mengenai kesenjangan upah antara wanita dan pria yang tentunya akan sangat menarik, ternyata, wanita membayar lebih mahal untuk beberapa hal umum. Mungkin Anda pernah mendengarnya? Ya, hal-hal tersebut seringkali berwarna merah muda.

Barang-barang berwarna merah muda ini dikaitkan dengan harga produk yang lebih mahal di pasaran, disebut Pink Tax atau pajak merah muda. Melansir dari thelist.com, Rabu (8/8/2018), berikut ini adalah beberapa hal yang rela dibayar wanita lebih mahal, dibadingkan barang lainnya yang lebih umum, penasaran?

1. Pisau cukur dan kartrid

Para peneliti menemukan biaya alat cukur dan pisaunya, rata-rata lebih mahal 11% untuk wanita, daripada untuk pria. Meski penelitian ini dilakukan di New York, nyatanya perbedaan ini telah terjadi hampir di seluruh dunia.

2. Barang-barang kesehatan dan kecantikan

Walaupun pisau cukur dapat dimasukan ke dalam kategori barang kesehatan dan kecantikan, barang-barang lain dari kategori ini ternyata lebih mahal untuk wanita, daripada untuk pria. Seperti deodoran, lotion, sampo, kondisioner, dan sabun yang ditargetkan untuk kaum waanita.

Penelitian yang sama menemukan wanita membayar 11% untuk lotion, 6% untuk sabun, 3% untuk deodoran, dan 40% untuk sampo, serta kondisioner yang lebih mahal, dibandingkan barang-barang yang sama untuk pria. Untuk menambah pengetahuan Anda, produk-produk tersebut memiliki bahan-bahan yang sama, perbedaan hanya terletak pada kemasan dan wewangian yang digunakan berbeda antara untuk wanita dan untuk pria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potong Rambut Sampai Otomotif

3. Potongan rambut

Bahkan potongan rambut juga memiliki harga yang lebih mahal untuk kaum wanita. Anda mungkin selama ini masih berpendapat potongan rambut wanita lebih rumit daripada wanita, benar?

Faktanya, tidak ada perbedaan antara rambut pria dan wanita. Penetapan harga di salon berdasarkan gender ini sudah lama terjadi, sadarkah Anda?

4. Mobil

Dalam sebuah studi yang dilakukan Harvard Law Review di tahun 1991 membuktikan dealer mobil menawarkan harga jauh lebih bersahabat kepada orang kulit putih, daripada orang-orang kulit hitam dan wanita dari ras apa pun. Penelitian ini menyebutkan wanita kulit putih membayar 40% lebih banyak daripada pria kulit putih, sedangkan pria kulit hitam membayar 3 kali lipat daripada pria kulit putih.

5. Perbaikan mobil

Belum cukup? Perbaikan mobil untuk seorang wanita juga lebih mahal.

Sebuah penelitian dari Northwestern University dan National Bureau of Economic Research meminta seorang pria dan wanita menelepon bengkel untuk menanyakan biaya perbaikan mobil. Tanpa tahu berapa banyak yang harus diperbaiki, bengkel tersebut memberlakukan harga yang berbeda, tentu wanita mendapatkan harga yang lebih tinggi, karena dianggap mempunyai pengetahuan yang kurang soal mobil.

3 dari 3 halaman

Beberapa hal untuk wanita yang mengharuskan mereka membayar lebih mahal

6. Pinjaman dan kredit

Penelitian lain menemukan wanita harus membayar lebih banyak daripada pria dalam hal pinjaman dan kredit. Sebuah studi di Brazil menemukan walau wanita tidak akan ditolak mentah-mentah dalam hal pinjaman, kemungkinan untuk disetujui sangat kecil.

7. Pakaian

Mulai dari jeans, sweater, pakaian kerja, hingga kaos kaki, wanita membayar lebih mahal untuk pakaian. Mungkin memang ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan, seperti jenis kain, detail, dan hiasan tambahan.

Namun, nyatanya tanpa tambahan tersebut, wanita masih harus membayar lebih mahal untuk pakaian. Seorang penulis pernah menunjuk pada kemungkinan karena kaum wanita tidak bermasalah untuk membayar harga yang lebih mahal untuk pakaian.

8. Dry cleaning

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh CBS News menemukan bahwa wanita dibebankan setidaknya dua kali lipat harga dry cleaning daripada pria, dengan barang dan layanan yang sama persis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.