Trik Bangun Tidur di Pagi Hari Tanpa Bantuan Alarm

Oleh Annissa Wulan pada 15 Agu 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2018, 05:13 WIB
Susah Tidur atau Sulit Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ada dua jenis bangun pagi yang cenderung dialami oleh banyak orang. Pertama, Anda bangun secara tiba-tiba karena bunyi alarm, bersiap-siap dengan grogi, berharap dapat kembali ke tempat tidur, sering mengalami hal ini?

Kedua, Anda bisa bangun pagi secara alami beberapa waktu sebelum alarm berbunyi. Biasanya, setelah bangun secara alami di pagi hari, sepanjang hari Anda akan fokus bekerja dengan baik, berbeda dengan jenis yang pertama.

Mungkin Anda juga masih bertanya-tanya, bagaimana caranya bisa bangun di pagi hari tanpa alarm? Melansir dari sleep.org, Rabu (15/8/2018), kuncinya adalah memahami ritme sirkadian alami tubuh untuk bisa bangun pagi tanpa alarm.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 of 3

Ritme Sirkadian

Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Ritme sirkadian adalah apa yang membuat Anda mengantuk atau terjaga, tergantung pada waktu di satu hari. Ketika membiarkan ritme ini membangunkan Anda secara alami, tubuh akan terjaga, karena siap untuk berhenti tidur.

Namun, ketika alarm memaksa bangun sebelum tubuh siap, Anda akan merasa grogi, karena mengganggu tahap tidur yang nyenyak. Untuk berhenti menggunakan alarm, Anda perlu membuat ritme konsisten dari hari ke hari.

Jika Anda pergi tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, ini akan membantu melatih tubuh menyesuaikan diri. Sayangnya, cara ini tidak akan berhasil jika Anda sedang lelah, tidak ada jumlah pelatihan ritme sirkadian yang dapat membantu tubuh dari kurang tidur.

3 of 3

Trik bangun pagi tanpa alarm

Sarapan di tempat tidur (iStock)
Ilustrasi sarapan di tempat tidur. (iStockphoto)

Cari tahu berapa banyak tidur yang benar-benar Anda butuhkan. Kebanyakan orang membutuhkan tujuh sampai sembilan jam. Kemudian hitung mundur dan tentukan kapan Anda harus tidur dan bangun di pagi hari.

Ketika Anda bertransisi secara perlahan, tubuh akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal baru. Satu jam sebelum waktu tidur, pastikan Anda sudah memulai ritual tidur, seperti mematikan lampu, alat eletronik, dan mencoba bersantai untuk mencoba bangun di pagi hari tanpa alarm.

Lanjutkan Membaca ↓