Sukses

Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Jalani Program Magang

Manfaatkan program magang untuk mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman dengan mempersiapkan empat hal ini

Liputan6.com, Jakarta Magang adalah salah satu program wajib yang ada di tingkat perguruan tinggi. Program tersebut menjadi salah satu syarat wisuda bagi para mahasiswanya. Mengingat pentingnya magang, tentu harus Anda persiapkan secara matang dan penuh pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan untuk menunjang keberhasilan magang Anda. 

1. Mental

Yang pertama dan paling utama, pastikan mental kesiapan mental untuk terjun langsung ke lapangan. Kenyataan fakta di lapangan sedikit banyak berbeda dengan apa yang diajarkan dalam buku teks perkuliahan.

2. Tentukan target

Seluruh aktivitas yang kita lakukan, idealnya memiliki target yang jelas. Hal tersebut akan membantu Anda lebih fokus selama magang dan mendapatkan sesuatu yang diharapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan magang

3. Bujet

Hitung bujet yang Anda miliki untuk magang, khusunya jika lokasi di luar kota. Mulai dari biaya makan, tempat tinggal, transpoprtasi, dan lainnya. Pastikan bujet yang Anda miliki sesuai dengan program magang yang akan dilakukan, demi menghindari hal-hal di luar dugaan selama proses magang seperti kehabisan uang. 

4. Pengetahuan yang Memadai

Cari tahu terlebih dahulu instansi yang akan Anda jadikan sebagai tempat magang, lengkap dengan posisi diajukan. Dengan melakukan riset, dapat membuat Anda memperoleh gambaran yang lebih luas dan lengkap sehingga akan membantu selama magang berlangsung. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu dan menurunkan kredibilitas Anda. 

(Kiki Novilia)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini