Sukses

Menurut Ahli, 4 Cara Ini Bisa Sembuhkan Diri Setelah Putus Hubungan

Anda bisa menyembuhkan diri sendiri setelah hubungan berakhir dengan 4 cara yang dianjurkan oleh ahli hubungan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Berakhirnya sebuah hubungan seringkali menjadi masa yang cukup sulit. Situasi ini akan menjadi semakin sulit jika ternyata Anda masih menyimpan rasa. Tentu Anda akan merasa sakit hati akibat putusnya hubungan ini.

Kabar baiknya, sakit hati bukanlah suatu hal yang bertahan selamanya. Menurut penelitian di The Journal of Positive Psychology dibutuhkan 11 minggu untuk merasa lebih baik setelah hubungan berakhir. Namun penelitian lain mengatakan butuh lebih dari 18 bulan untuk sembuh dari perceraian.

Dikutip dari Independent pada Rabu (8/8/2018) sebenarnya ada empat langkah utama yang mungkin bisa membantu diri Anda move on atau menghilangkan rasa sakit hati setelah berakhirnya hubungan. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Luangan waktu untuk meratapi kesedihan

Bukan hal yang salah jika Anda merasa kehilangan orang yang Anda cintai bahkan hingga merasa tidak bisa hidup tanpanya. Namun penting untuk memahami kenyataan baru ini dan menerimanya sebelum melanjutkan hidup.

Ketika mengakhiri hubungan, Anda membutuhkan periode untuk kita memproses kesedihan ini. Ini menjadi periode di mana Anda akan merasa begitu patah hati dan merefleksikan hubungan serta perilaku dalam hubungan itu sendiri. Biarkan diri Anda mengenal kesedihan dan kesalahan yang terjadi, kemudian jadikan itu sebagai pelajaran untuk tidak lagi dilakukan di masa mendatang.

2. Temukan kembali diri Anda

Dalam hubungan, kebanyakan akan lebih fokus pada "kita" daripada "saya". Ketika hubungan berakhir, kembalilah menjadi diri Anda. Lakukan hobi Anda dan luangkan waktu bersama teman atau keluarga. Di tengah waktu sendiri ini, bisa jadi Anda menemukan hal-hal baru dalam diri dan membuat Anda merasa lebih baik. Tidak perlu bergegas ke hubungan yang baru.

3 dari 3 halaman

3. Jangan takut meminta bantuan

Berakhirnya hubungan menjadi suatu hal yang mengejutkan Anda. Perlu waktu memang untuk menerima kenyataan. Jika Anda merasa teman di sekitar justru membuat Anda menjadi lebih baik, jangan ragu untuk memblokir diri dari mereka. Namun jika Anda butuh seseoranng untuk berbicara, mintalah seseorang yang terdekat untuk mendengarkan Anda.

Jangan fokus pada kesalahan yang sudah Anda lakukan dalam hubungan. Melainkan fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri sendiri lebih baik.

4. Sembuh karena waktu

Mungkin Anda tidak menyadari jika waktu berperan penting untuk membantu Anda sembuh. Hanya saja memang dibutuhkan waktu yang lama. Yang perlu Anda pahami adalah hubungan terjadi karena adanya dua orang yang saling mencinta. Demikian juga dengan berakhirnnya hubungan yang pasti bukan hanya disebabkan oleh satu orang. Fokus pada hal positif dan masa depan. Sehingga Anda bisa menemukan cinta yang baru di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.