Sukses

Nyoman Nuarta Ungkap Haru Pasca Patung Garuda Wisnu Kencana Rampung

Ini kebahagiaan bercampur haru Nyoman Nuarta tokoh utama di balik pembangunan Garuda Wisnu Kencana.

Liputan6.com, Jakarta Patung raksasa Garuda Wisnu Kencana telah rampung, setelah memakan waktu selama 28 tahun. Patung yang terletak di kawasan Cultural Park GWK, Ungasan, Jimbaran Bali ini akan menjadi salah satu patung terbesar dunia.

Dengan selesainya pemasangan keping terakhir patung GWK ini, rencananya peresmian dan syukuran akan digelar pada Sabtu (3/8/2018). Patung GWK diharapkan dapat menjadi salah satu pusat wisata budaya kebanggaan lokal dan terdengar gaungnya hingga Internasional.

Nyoman Nuarta, tokoh utama di balik pembangunan patung Garuda Wisnu Kincana ini mengungkapkan kebahagiaannya setelah penantian panjang, akhirnya patung kebanggaan ini rampung. Seniman patung ini mengungkapkan kebahagiaannya lewat akun instagramnya @nyoman_nuarta. Dalam video berdurasi satu menit itu, terlihat kebahagiaan bercampur haru dari tim yang terlibat.

"Dengan antusias mengiringi keping terakhir patung GWK. Sungguh berbahagia, atas rakhmatNya, 28 tahun proses pengerjaan patung selesai dengan ZERO ACCIDENT," tulis Nyoman Nuarta pada keterangan foto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Wisnu Kencana selesai

Patung GWK memiliki tinggi 121 meter dari permukaan tanah, atau 271 meter dari permukaan laut. GWK menjadi salah satu patung tertinggi dunia bersanding dengan patung Spring Temple Buddha China, The Laykyun Sekkya Buddha Myanmar, Patung Liberty Amerika Serikat, Ushiku Daibutsu Jepang, The Motherland Calls Rusia, dan Christ the Redeemer Brazil.

Pembangunan Garuda Wisnu Kencana bermula dari gagasan Nyoman Nuarta bersama Menteri Pariwisata, Pos, Telekomunikasi Joop Ave, dan Gubernur Bali Ida Bagus Oka, serta Menteri Pertambangan dan Energi Ida Bagus Sudjana, sekitar tahun 1989. Awal tahun 1990, rencana itu dipresentasikan ke Presiden Soeharto dan disetujui.

 

3 dari 3 halaman

Garuda Wisnu Kencana selesai

Peletakan batu pertama pembangunan Cultural Park GWK di Bukit Ungasan Jimbaran ini dilakukan tahun 1997. Pembuatan keping-keping GWK melibatkan ratusan seniman. Dan sekitar 120 seniman turut mengerjakan pemasangannya di Bali. Berbagai sektor terlibat, khususnya para seniman tanah air. Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana merupakan wujud nyata dari komitmen para seniman yang terlibat.

 

Dengan antusias mengiringi keping terakhir patung GWK

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta) on

"Pengerjaan tahap akhir ekor garuda dan pemasangan modul terakhir. Terima kasih para sahabat yang senantiasa mengirimkan doa dan dukungan untuk kami. Setelah 28 tahun berjuang, mimpi ini menjadi nyata. Tak terlupakan pula sahabat-sahabat kami di Sutindo Group yang selalu dengan penuh semangat menyediakan tembaga untuk patung GWK," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.