Sukses

Ini Tanggapan dari Agen Perjalanan yang Diduga Lalai dan Menyebabkan Gili Lawa Terbakar

Sangat disayangkan beberapa wisatawan yang mengunjungi Pulau Gili Lawa bersama agen perjalanan diduga jadi penyebab kebakaran tadi malam.

Liputan6.com, Jakarta Biasanya para wisatawan yang berkungjung ke Taman Nasional Kepulauan Komodo akan berkunjung juga ke Pantai Pink, dan Gili Lawa. Pulau kecil tak berpenghuni yang berada di sebelah utara Pulau Komodo ini memang terkenal dengan pemandangan perbukitan yang begitu indah dan menarik.

Beberapa agen perjalanan lokal kerap mengadakan open trip untuk mempermudah wisatawan yang ingin menikmati keindahan area Taman Nasional Kepulauan Komodo di Nusa Tenggara Timur ini.

Para agen wisatawan ini jugalah yang biasanya akan menjaga seluruh rombongan dan memastikan tidak ada yang melanggar peraturan agar tidak terjadi kerusakan apa pun.

Gili Lawa adalah area perbukitan yang berwarna hijau saat musim penghujan dan berwarna kuning saat kemarau. Pulau kecil ini terbagi menjadi dua dan terpisah oleh lautan. Dari Labuhan Bajo menuju Gili Lawa membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan pulang pergi dengan menggunakan perahu.

Mengingat waktu tempuh yang relatif lama, banyak wisatawan lebih memilih menggunakan paket perjalanan wisata dari agen perjalanan lokal selama tiga hari dua malam. Salah satu agen perjalanan yang sudah beberapa kali mengadakan open trip adalah Indonesia Juara.

Sayangnya kelalaian yang masih diselidiki oleh pihak berwajib masih saja terjadi tadi malam. Untuk kedua kalinya Gili Lawa terbakar. Api mulai berkobar pada hari Rabu (1/8/2018) sekitar Pk. 19.00

Saat kejadian berlangsung diduga agen perjalanan Indonesia Juara tengah membawa wisatawan berkunjung ke Pulau Gili Lawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Agen Perjalanan

Agen perjalanan Indonesia Juara memberikan tanggapan seputan kebakaran yang terjadi di Gili Lawa. Akun instagram @indonesiajuaratrip mengunggah sebuah pernyataan yang berkenaan dengan kebakaran yang terjadi tadi malam.

" Kami dari pihak perusahaan menghormati proses hukum yang berlaku dan untuk saat ini pihak berwajib belum memutuskan siapa yang bersalah dalam insiden ini. Jika hasil investigasi menyatakan bersalah, kami bertanggung jawab sesuai dengan hukum yang berlaku dan betanggung jawab dalam pemulihan alam dengan pihak Taman Nasional Komodo", Public Relation Indonesia Juara.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Agen Perjalanan

"Menindak lanjuti kabar yang beredar terkait salah satu trip kami yang diduga tour leader yang bertugas lalai dalam menjaga aktivitas tamu dalam berwisata yang menyebabkan kebakaran di Gili Lawa, saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan polisi, dan bila terbukti benar berdasarkan pemeriksaan terbukti bersalah, kami selaku pihak perusahaan akan melakukan tindakan keras sampai ke tahap pemecatan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih", Public Relation Indonesia Juara.

Liputan6.com berhasil menghubungi pihak agen perjalanan. Menurut mereka perjalanan untuk foto prewedding yang berakhir dengan kebakaran di kawasan wisata Komodo tersebut, memang dari travel agennya. Namun, fotografernya langsung dari calon pengantin. Mereka akan mendukung dan menghargai semua keputusan dari pihak penyidik nantinya.

"Untuk kasus prewed ini memang perjalanan dari kami, namun fotografer dari mereka," tutur agen yang tidak mau disebutkan namanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini