Sukses

Menu Praktis Bikin Susu Kedelai di Rumah

Selain mudah, resep susu kacang kedelai ini juga jadikan susu bebas bau langu.

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup vegan menjadi pilihan banyak orang untuk lebih sehat. Dengan cara ini, Anda diharuskan untuk mulai mengkonsumsi makanan dan minuman dengan bahan utama sayuran.

Lalu bagaimana dengan susu? Berbicara mengenai susu, tentu Anda tak lagi bia menikmati susu yang diproduksi oleh hewan. Sebagai gantinya, kacang-kacangan bisa dijadikan opsi tepat untuk membuat susu yang nikmat sekaligus kaya gizi.

Susu kacang kedelai merupakan salah satu susu yang bisa Anda bikin sendiri di rumah. Kacang kedelai atau soya milk memiliki banyak manfaat sekaligus bebas lemak jahat yang dapat mengganggu kesehatan. Susu ini bisa dinikmati oleh siapa saja, baik dewasa atau anak-anak. Tapi pastikan agar mengolahnya degan cara yang tepat. Salah mengolah justru dapat membuat susu kedelai memiliki bau langu yang kurang sedap.

Ingin bikin sendiri susu kacang kedelai di rumah? Simak cara mudah dan praktisnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan:

1. Biji kacang kedelai

2. Air mineral

3. Gula

4. Garam

5. Daun pandan

3 dari 3 halaman

Cara membuat:

1. Cuci bersih kacang kedelai dan rendam bijinya dengan segelas air hingga 8 jam. Lalu, cuci kembali dan buang kulitnya.

2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 10 L air mineral dan saring dengan dengan kain katun bersih.

3. Rebus susu kedelai dengan api sedang, dan campurkan dengan daun pandan dan gula secukupnya. Rebus terus hingga mendidih.

4. Saring kembali susu kedelai dengan kain katun bersih.

5. Susu kedelai siap disajikan.

Dengan cara mudah di atas, maka susu kacang kedelai pun akan terbebas dari bau langu yang kurang sedap. Selama mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini