Sukses

Ini Alasannya Anda Selalu Merasa Lapar

Simak di sini beberapa alasan mengapa Anda selalu merasa lapar, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Apa Anda pernah atau sering merasa lapar sepanjang waktu? Padahal Anda selalu sarapan, tidak pernah melewatkan makan siang, namun tetap saja, rasa lapar selalu datang setiap waktu.

Mungkin selama ini Anda juga bertanya-tanya, apa alasan dari seseorang yang selalu merasa lapar? Dilansir dari thelist.com, Minggu (5/8/2018), berikut ini adalah alasan mengapa Anda selalu merasa lapar, penasaran?

1. Bosan

Salah satu alasan paling umum dari rasa lapar adalah kebosanan. Jika Anda merasa tidak ada yang bisa dilakukan, sering kali pikiran akan langsung beralih kepada camilan.

Untungnya, Anda bisa memerangi kebosanan dengan cukup mudah. Anda hanya perlu menggerakan tubuh lebih sering dan menambahkan kegiatan yang bermanfaat mulai sekarang.

2. Anda tertekan atau merasa kesepian

Ketika merasa tertekan, Anda akan mencari makanan untuk mengurangi ketidakbahagiaan. Sedangkan ketika Anda merasa kesepian, makanan bisa dijadikan pengganti hubungan manusia.

Selain itu, depresi kronis membuat Anda tidak mampu membedakan rasa lapar yang benar atau rasa lapar tipuan. Pikiran Anda mungkin berpikir lapar, sedangkan tubuh tidak merasakan hal yang sama.

Efek trauma emosional jangka panjang juga dapat menyebabkan gejala disosiasi, gejala yang membuat Anda terputus dengan diri sendiri. Sebaiknya, segera selesaikan masalah emosional Anda yang mendasar.

3. Anda sedang stres

Menurut studi, banyak wanita menerjemahkan stres sebagai rasa lapar. Stres kronis bisa meningkatkan kortisol, mendorong tubuh untuk makan secara berlebihan.

4. Anda melewatkan sarapan

Jika Anda sedang melakukan diet, melewatkan sarapan mungkin dianggap sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan, benar? Faktanya, melewatkan sarapan hanya akan membuat Anda merasa lapar sepanjang hari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Anda selalu merasa lapar

5. Tidak memiliki asupan protein yang cukup

Kekurangan protein juga bisa menjadi penyebab rasa lapar. Protein memiliki banyak manfaat, seperti membuat kulit dan rambut tetap sehat, hingga mengatasi masalah hormon.

6. Anda mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan siap saja

Makanan siap saji tidak memiliki kandungan nutrisi, hanya memenuhi tubuh Anda dengan kalori kosong. Namun tidak hanya makanan siap saji, karbohidrat dan gula bisa berubah dengan cepat menjadi glikogen, menimbulkan kerusakan pada tingkat gula darah.

7. Anda tidak makan dengan cukup

Ketika Anda melewatkan makan atau tidak makan dengan cukup, ini akan menimbulkan rasa lapar yang konstan. Gula darah akan turun dan tubuh meresponnya dengan meningkatkan hormon lapar, mengurangi hormon kenyang.

8. Anda tidak memperhatikan tubuh

Memperhatikan tubuh berarti fokus terhadap aturan diet dan apa yang dimakan. Diet bisa membuat Anda mengabaikan sinyal yang diberikan oleh tubuh.

3 dari 3 halaman

Alasan Anda selalu merasa lapar

9. Anda sebenarnya hanya haus

Rasa lapar yang terus menerus dirasakan mungkin sebenarnya adalah sinyal dari tubuh bahwa Anda haus. Lain kali ketika merasa lapar, cobalah minum segelas air terlebih dahulu dan lihat hasilnya.

10. Anda kurang tidur

Ketika Anda kurang tidur, selera makan menjadi tidak terkendali, karena semua hormon sedang terganggu. Selain itu, kurang tidur dan olahraga yang terlalu keras dapat mengacaukan nafsu makan Anda sepanjang hari.

11. Gangguan hormon

Rasa lapar terus menerus bisa berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon dan mineral dalam tubuh Anda. Terlalu banyak atau sedikit estrogen dan progesteron akan menyebabkan Anda merasa lapar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.