Sukses

3 Cara Memilih Semangka Terbaik

Bingung cara memilih semangka berkualitas? Cek caranya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara tropis yang memiliki iklim cenderung panas, masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai sesuatu yang dingin yang dapat menghilangkan rasa panas tersebut. Salah satu upayanya adalah makan makanan berair seperti semangka. Buah tersebut menjadi favorit masyarakat dan sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makanan berat.

Bertepatan dengan Hari Semangka di Amerika Serikat yang jatuh pada tanggal 3 Agustus besok, berikut ini adalah tiga cara yang dapat dilakukan untuk memilih semangka yang berkualitas berdasarkan pendapat Stephanie Barlow, Direktur Senior Komunikasi di Badan Promosi Semangka Nasional seperti yang dilansir dari www.refinery29.com.

1. Perhatikan dengan seksama

Semangka yang baik adalah yang bentuknya simetris, mulus, dan tidak terdapat bintik-bintik halus. Oleh karena itu, Anda perlu menajamkan penglihatan guna memastikan semangka yang akan Anda beli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memilih Semangka

2. Angkat ke atas

Semangka merupakan buah yang terdiri dari 95% persen air. Ketika Anda mengangkatnya ke atas, maka bobotnya akan terasa di tangan Anda. Bobot semangka ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda, karena semangka yang baik memiliki berat yang sesuai dengan bentuk dan besar ukurannya.

3. Balik semangka

Apabila Anda ingin memastikan semangka tersebut bebas cacat atau tidak, maka Anda dapat membalikan posisi semangka. "Bagian belakangnya harus berwarna kuning mentega agar rasanya enak. Karena jika tempat ini berwarna keputih-putihan atau hijau, maka semangka tersebut akan lebih terasa seperti mentimun daripada semangka. Sedangkan apabila warnanya kuning seperti bunga matahari, maka itu mungkin terlalu matang sehingga tekstur di dalamnya menjadi lembek atau justru kasar." Jelas Stephanie.

(Kiki Novilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini