Rahasia Sederhana Membuat Kue Ulang Tahun yang Lezat dan Lembut

Oleh Vinsensia Dianawanti pada 02 Agu 2018, 18:45 WIB
Kue ulang tahun

Liputan6.com, Jakarta Merayakan ulang tahun tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran kue ulang tahun. Mungkin Anda lebih suka membelinya di toko daripada membuatnya sendiri. Namun tahukah Anda bahwa membuat kue ulang tahun ini akan memberi kesan tersendiri?

Meski demikian, membuat kue ulang tahun bukanlah perkara mudah. Anda harus menemukan komposisi bahan yang pas agar menciptakan rasa yang istimewa. Dikutip dari Real Simple, Anda bisa membuat kue ulang tahun dengan resep sederhana. Apa saja?

2 of 3

Komposisi kue ulang tahun yang ideal

Kue ulang tahun yang ideal adalah kue yang dimakan langsung dari tempat dipanggang. Anda tidak perlu membuat kue ulang tahun dengan ukuran besar. Hanya sekitar 20 cm x 30 cm. Dengan komposisi yang sama, Anda bisa membuat kue mangkuk sebanyak 24 buah ukuran standar.

Banyak resep kue ulang tahun yang dimulai dengan dasar mentega bersuhu kamar. Namun mentega dengan formula yang masih cukup padat akan menghasilkan tekstur kue yang padat juga. 

3 of 3

Minyak sayur dan mentega leleh

Mentega Margarine
Ilustrasi Foto Mentega (iStockphoto)

Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, Anda bisa mencampurkan minyak sayur dan lelehan mentega. Kombinasi ini memberikan kelembutan pada tekstur kue sekaligus rasa gurih dari mentega.

Setelah mendapatkan tekstur kue yang sesuai, Anda bisa menambahkan topping seperti whipped chocolate ganache sebagai pelapisnya. Ganache sendiri adalah campuran cream dan cokelat yang biasanya memiliki rasa sedikit manis. Ganache ini akan memberikan efek mengkilap pada kue terutama setelah dimasukkan ke dalam kulkas.

Lanjutkan Membaca ↓